Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Membuat Program Pemutar Suara Pada Javanetbeans

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Hai Sahabat Dunia programming, bertemu lagi dengan sayadalam ttorial kali ini yang bertema Javanetbeans, siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi yang satu ini. Yap aplikasi ini biasa digunakan oleh para programmer untuk membuat sebuag program berbasis dekstop. Contohnya seperti apa...?, banyak salah satunya seperti ini.

Contoh Aplikasi Pemutar Musik Sederhana

Nah salah satu dari program keren itu adalah alat pemutar musik, jadi sekarang kalian tidak hanya jadi penikmat software pemutar musik, akan tetapi kalian bisa membuat bahkan menciptakan sebuah aplikasi pemutar musik. bagaimana Cara Membuatnya...?

Cara Membuat Aplikasi Pemutar Musik


1). Buka Aplikasi Javanetbeans kalian.
2). Lalu Buat Project kalian dengan cara klik menu File > New Project.
Langka Kedua | Pembuatan Aplikasi Pemutar Musik Javanetbeans

3). Setelah Muncul Tampilan Dibawah Ini, klik Next
Langka Ketiga | Pembuatan Aplikasi Pemutar Musik Javanetbeans

4). Beri Nama Project Name Sesuai keinginan kalian, misalkan saya berinama PemutarMusik, untuk CreateMainClass hilangkan tanda ceklisnya, setelah itu klik finish.
Langka Keempat | Pembuatan Aplikasi Pemutar Musik Javanetbeans

5). Setelah itu bukak File yang sudah kalian buat, kemudian klik kanan Source Packages > New > JFrameForm.

Langka Kelima | Pembuatan Aplikasi Pemutar Musik Javanetbeans

6). Kemudian beri nama class name sesuai keinginan kalian, untuk contoh saya kasih nama Pemutar, klik finish.
Langka Keenam | Pembuatan Aplikasi Pemutar Musik Javanetbeans

7). Setelah itu Masukkan Bahan-Bahan yang akan kita buat Aplikasi Pemutar Musik.
- 3 Buah Button
- 1 Buah List
- 1 Buah Label

Untuk button beri variabel sebagai berikut :
- untuk tombol Tambah File MP3 > Variabelnya Tambah.
- untuk tombol Hapus List > Variabelnya Hapus.
- untuk tombol Play > Variabelnya Play.

Catatan : 
Besar kecilnya huruf sangat berpngaruh sekali pada program kalian, jadi hati-hati saat penulisan variabel agar tidak terjadi error pada saat melakukan eksekusi data. 

8). Rancang atau susun bahan-bahan yang sudah kalian masukkan kedalam lembar kerja program, susun sesuai keinginan kalian mau dibuat model seperti apa.
Langkah kedelapan | Cara Membuat Aplikasi Pemutar Musik

9) Setelah itu masukkan script dibawah ini satu persatu :
bagian header atau atas :

Script Javanetbeans
import java.io.File;
import java.net.URL;
import javax.media.Manager;
import javax.media.Player;
import javax.swing.DefaultListModel;
import javax.swing.JFileChooser;
import javax.swing.JFrame;

bagian bawah public class :

Script Javanetbeans
DefaultListModel model = new DefaultListModel();
public Player mp3;

bagian tombol Tambah :

Script Javanetbeans
JFileChooser fc = new JFileChooser();
        JFrame jf = new JFrame();
        int setuju = fc.showOpenDialog(jf.add(fc));
        int posisi = jList1.getModel().getSize();
        if(setuju == JFileChooser.APPROVE_OPTION)
        {
            File file = fc.getSelectedFile();
            String text = file.getPath().toString();
            String[] txt = new String[]{text};
            model.add(posisi, text);
        }
        jList1.setModel(model);

bagian tombol Hapus :

Script Javanetbeans
int posisi = jList1.getSelectedIndex();
model.remove(posisi);

bagian tombol Play :

Script Javanetbeans
if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("Play"))
        {
            String main = jList1.getSelectedValue().toString();
            try
            {
                mp3 = Manager.createPlayer(new URL("file",null,main));
                mp3.start();
            }
            catch(Exception e){}
            Play.setText("Stop");
        }
        if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("Stop"))
        {
            mp3.stop();
            Play.setText("Play");
        }

Cara memasukkan Script tombol Tambah, Hapus dan Play, kalian hanya klik tombolnya 2x, maka secara otomatis kalian akan dibawa ke source code programnya, atau bisa juga dengan cara klik kanan tombol yang mau di kasih kode klik pilih events > action > actionperformed.

"Gan...Kok ada yang error ya...? dibagian import javax.media.Manager; import javax.media.Player;...?"

Nah itu nantinya kita akan download bahannya yang bernaman JMF, apa itu JMF.

Baca Juga : 
Pengertian Java Media Framework dan Kegunaannya

Kalian download bahan JMF ke situs resmi Javanetbeans.

10). Setelah semuanya selesai kalian masukkan, langkah selanjutnya yaitu memasukkan JMF pada libraries program kita. yaitu dengan cara. klik kanan Libraries > Add JAR/Folder.., cari file jmf dengan logo java yang sudah kalian download. setelah itu klik Open.

11). 2 baris yang error tadi sekarang sudah benar, dan saatnya kita mengeksekusi hasil program kita, yaitu dengan cara klik run pada bagian atas javanetbeans.

Maka Tampilannya akan nampak seperti dibawah ini.
Aplikasi Pemutar Musik

Cara penggunaan Aplikasi Pemutar Musikya yaitu :
1). Klik Tambah File MP3 kemudian cari musik yang ingin kalian putar.
2). Setelah itu, klik nama musik yang sudah tampil pada list atau daftar tempat musiknya.
3). Klik tombol Play.

Selamat mendengarkan hehehe, bagaimana kawan..? keren bukan...? wow.., sekarang kalian bisa menciptakan sebuah aplikasi Pemutar Musik ya, hebat sekali. Semoga bermanfaat ya, apabila ada kesalahan, atau error ataupun bingung, bisa berkomentar dibawah artikel ini. Terimakasih.

1 comment for "Membuat Program Pemutar Suara Pada Javanetbeans "