Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Pengenalan Java Media Framework dan Kegunaannya

Dunia Programming - Hai sahabat Setia Dunia Programming, kali ini saya akan membahas apa sih Java Media Framework itu...? Masih bingung kan..? memang JMF itu jarang didengar oleh orang, dan hanya diketahui oleh Programmer-programmer pembuat Aplikasi pada Javanetbeans. nah kali ini kalian akan tau apa itu Java Media Framewrok sekaligus apa kegunaannya untuk Aplikasi pada Javanetbeans nantinya. Oke kita mulai pembahasannya.
Pengertain JMF | Javanetbeans

Pengertian Java Media Framework (JMF)


JMF (Java Media Framework) adalah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di semua platform tanpa harus mengubah kode sedikitpun dengan syarat pada sistem yang digunakan sudah terdapat JRE (Java Runtime Environment).

Aplikasi dengan menggunakan Java sangatlah luas dan dibagi menjadi 3 sub bagian yaitu :

J2EE (Java 2 Enterprise Edition).


J2EE digunakan untuk aplikasi yang bersifat enterprise dan dalam sekala yang besar seperti sistem terdistribusi

J2SE (Java 2 Standard Edition).


J2SE digunakan untuk aplikasi standard pada desktop
 

J2ME (Java 2 Micro Edition). 


J2ME lebih dikonsentrasikan untuk aplikasi yang bersifat embedded seperti mobile device.

ketiga sub bagian tersebut yang membedakan adalah cakupan aplikasi yang ingin dibuat.  Dari ketiga sub bagian yaitu J2EE, J2SE, dan J2ME masih dibagi lagi menjadi bagian-bagian yang spesifik dan disesuaikan dengan kebutuhan. J2SE adalah framework yang sering digunakan, karena semua platform Java menggunakan J2SE sebagai base development.

 

Java Media Framework Application Programming Interface (JMF API).


JMF API (Java Media Framework Application Programming Interface) adalah extension dari J2SE yang dikonsentrasikan untuk pemrograman pada multimedia streaming (JMF version 2.1.1e). JMF pada version 2.1.1e  sudah mendukung RTP (Realtime Protocol) yang digunakan sebagai protokol aplikasi yang realtime seperti audio/video streaming. Dengan menggunakan API ini kalian akan dipermudah  dalam meng-implementasikan realtime protocol pada multimedia streaming.

Nah, salah satunya kegunaanya dari JMF ini adalah sebagai Pembuat Aplikasi Pemutar Musik, Perekam Vidio, Pemotret dan lain sebagainya.

Sudah paham..? bagus, kalian sangat cermat sekali, kalau masih bingung, langsung praktek saja pada Programnya dibawah ini.

Baca : Membuat Program Pemutar Suara Pada Javanetbeans 
Baca : Membuat Program Perekam Vidio Pada Javanetbeans
Baca : Membuat Program Kamera Pada Javanetbeans

Sekian Penjelasan mengenai Java Media Framework, semoga apa yang saya berikan bermanfaat bagi kalian, terimakasih.

Post a Comment for "Pengenalan Java Media Framework dan Kegunaannya"

Berlangganan via Email