Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

5+ Cara Import Project Java Dekstop di Netbeans IDE Lengkap

Cara Import Project Java Dekstop di Netbeans IDE memang banyak di cari oleh programmer pemula, karena memang cara ini juga sangat di butuhkan bagaimana cara import atau open project dari komputer satu ke komputer lain atau laptop satu ke laptop lain.

Cara Import Project Java Desktop di Netbeans IDE
Cara Import Project Java Dekstop di Netbeans IDE Lengkap

Import merupakan sebuah proses dimana kita dapat mengirim project atau file dari 1 laptop ke laptop atau komputer satu ke komputer lain, di mana cara ini membutuhkan cara khusus yang sudah di sediakan oleh masing-masin software.

Sebelum kita masuk ke pembahasan bagaimana cara melakukan import project java dekstop pada editor netbeans IDE, perlu kita siapkan terlebih dahulu software Netbeans IDE dan Project yang ingin kita import.

Jika kalian memiliki software editor Netbeans IDE, kalian bisa download aplikasinya disini. Berikut beberapa cara bagaimana melakukan import project java dekstop di netbeans IDE.

Cara Import Project Java Dekstop di Netbeans IDE

Langkah pertama yang harus di lakukan sebelum masuk ke cara import project java dekstop di netbeans, siapkan project nya terlebih dahulu, bisa dari teman, ataupun dari situs website.

Setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE
  2. Pilih Menu File > Open Project
  3. Kemudian cari lokasi project yang sudah kalian download
  4. Pastikan projectnya sudah kalian extract
  5. Untuk mencari project java, pastikan ada icon kopi warna orange
  6. Kalau sudah silahkan kalian klik, kemudian klik Open Project
  7. dan Otomatis project kalian akan masuk ke editor Netbeans IDE
Jika pada saat melakukan import project kalian mengalami masalah atau error code, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa masalah yang muncul ketika melakukan import project dari komputer lain.
  1. Ada Libraries yang belum terkirim
  2. Ada JAR yang belum terinstall
  3. Ada Image/Gambar yang tidak ada dalam 1 file project
Kalian bisa ikuti bagaimana cara mengatasi error yang kalian alami saat melakukan import project java dekstop dari aplikasi Netbeans IDE.

Cara Mengatasi Error Saat Melakukan Import Project Java Dekstop di Netbeans IDE

Cara pertama yang harus kalian lakukan ketika melakukan import project java dekstop pada editor netbeans IDE adalah melakukan import libraries pada aplikasi yang kalian import.

Berikut langkah-langkahnya bagaimana cara melakukan import JAR/Libraries pada project java dekstop di aplikasi Netbeans IDE.
  1. Buka Aplikasi Netbeans IDE
  2. Buka Project yang sudah di import
  3. Klik Folder Libraries
  4. Pilih Add Jar/Folder
  5. Cari Jar yang ingin di tambahkan
  6. Setelah itu klik Open
Perlu kalian ingat bahwa cara di atas di sesuaikan dengan JAR yang terinstall pada aplikasi yang sudah kalian import, jadi wajib bagi kalian untuk mengetahui jar apa saja yang harus kalian tambahkan, baik itu Synthetica, JTatto, JCalendar, iReport ataupun jenis JAR yang lain.

Cara kedua mungkin cukup simple dari cara yang pertama, kalian hanya perlu memastikan bahwa gambar yang ada pada folder project yang sudah kalia download dan import tadi sudah ada.

Lokasi pengecekan folder images berada di project_kalian/src/, lokasi ini adalah tempat dimana file program disimpan. Berikut cara lengkapnya :
  1. Buka Project yang sudah kalian download pada File Explorer/Folder
  2. Cari lokasi projectnya
  3. Buka Folder Projectnya
  4. Buka Folder src
  5. Buat folder images atau img atau langsung kalian letakkan gambar yang ingin kalian replace atau ubah
  6. Dan Fixing gambar sudah berhasil
Jika kedua cara diatas masih gagal atau ada yang error, kemungkinan editor kalian tidak support dengan beberapa perintah code yang ada seperti synthetica, tidak support dengan editor Netbeans IDE terbaru, jadi sangat di sarankan bagi kalian menggunakan versi 8.1 dari Netbeans, silahkan kalian bisa download di situs resminya atau kalian bisa download aplikasinya disini.

Itulah beberapa langkah bagaimana cara import project java dekstop di aplikasi netbeans IDE dengan cara mengatasi error ketika melakukan import, jika terdapat masalah lain atau kalian belum bisa mengatasinya, silahkan kalian bisa tinggalkan komentar pada artikel ini.

Post a Comment for "5+ Cara Import Project Java Dekstop di Netbeans IDE Lengkap"