Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Hapus

Dunia Programming - Pada tutorial kali ini, saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya dari Form Bukutamu yang sudah kita buat dulu bagaimana cara memfungsikan bukutamu yang sudah kita buat kemaren layaknya Program yang sudah jadi. 

Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Hapus
Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Hapus

Cara menghapus data menggunakan sistem php dengan menggunakan database phpmyadmin ini memang banyak di gunakan oleh kalangan programmer dan merupakan bagian terpenting dari sistem.

Buat kalian yang ketinggalan dengan tutorial bagaimana cara menyimpan data dari sistem form buku tamu, silahkan baca artikel dibawah ini : 

Baca Juga : 

Jadi, kalian tidak hanya bisa menginputkan, akan tetapi juga bisa menghapus data yang sudah kita inputkan tadi. nah, buat kalian nih yang ketinggalan dengan tutorial pembuatan Form Bukutamu, bisa dibaca kembali tutorialnya dibawah ini.

Baca juga : 

Membuat Sistem Hapus data dengan PHP 

Setelah kalian buat Form Bukutamunya, selanjutnya kita buat source code atau perintah hapus dari data yang ada pada database, agar kita dapat menghapus data yang kita inginkan. 
Berikut Source code untuk Menghapus data input data. simpan dengan nama hapus.php
<?php
$koneksi = mysqli_connect("localhost","root","","database");

$no = $_GET['id'];
$sql = "DELETE FROM bukutamu WHERE id = '$no'";

$qry = mysqli_query($koneksi, $sql);

if($qry) {
    echo "Data Berhasil di Hapus";
} else {
    echo " Gagal Menghapus Data";
}
?>
Pastikan source code diatas sudah berada dengan satu file dengan project kalian, agar nanti proses hapusnya bisa berjalan dengan lancar.

Disini saya akan sedikit menjabarkan tentang fungsi source code yang ada diatas
$koneksi = mysqli_connect("localhost","root","","database");
Maksutnya adalah program akan melakukan perintah awal yaitu mengkoneksikan Form Bukutamu dengan database dengan sever localhost, username root, dan password kosong. itu merupakan standar penulisannya, namun, apabila database kalian beri password, maka password harus kalian isi sesuai dengan password yang kalian beri. 

Untuk string terakhir adalah nama database yang kalian buat, jadi kalian bisa sesuaikan dengan nama database kalian sendiri. 

Jika kalian masih belum tau bagaimana cara membuat databasenya, kalian bisa baca tutorial mengenai cara membuat database di localhost/phpmyadmin menggunakan xampp.

Baca Juga : 

Lanjut, kepenjelasan berikutnya yaitu bagian source code berikut : 
$no = $_GET['id'];
$sql = "DELETE FROM bukutamu WHERE id='$no'";
$no semua karakter yang diawali dengan $ (dollar) merupakan sebuah variabel, yang mana variabel bersifat bebas atau mewakili, maksutnya adalah variabel mewakili hasil dari yang ada contoh : a = "bilangan bulat". 

Jika kita lihat pada contoh diatas, bahwa huruf a memiliki nilai bulangan bulat.
 
untuk $_GET['id']; sendiri fungsinya adalah mengambil nilai baik berupa inputan ataupun data yang di kirim.

Nilai yang ada di dalam [] merupakan data yang diambil oleh sistem tujuannya untuk meng eksekusi perintah yang sudah dijalankan.

Biasanya, untuk pengambilan data sering menggunakan data primary key, karena bersifat unik atau berbeda.
$sql = "DELETE FROM bukutamu WHERE id = '$no'"; 
$sql konsepnya hampir sama dengan $no diatas, dia merupakan sebuah variabel yang memiliki nilai.
DELETE FROM bukutamu WHERE id = '$no' perintah ini merupakan perintah SQL yang bertujuan untuk menghapus data yang di inginkan berdasarkan kondisi tertentu, bisa kita lihat, pada perintah tersebut bahwa sistem melakukan perintah hapus data dengan id yang memiliki nilai $no, dimana $no adalah variabel data yang diambil melalui sistem $_GET.

Untuk bukutamu, kalian bisa sesuaikan dengan tabel yang kalian gunakan, ingat!, bukutamu merupakan sebuah tabel, jadi kalian bisa ubah sesuai kebutuhan.

yang membedakan yang mana? pada bagian WHERE. fungsi ini biasa digunakan untuk mengeksekusi kondisi tertentu, dan biasa digunakan untuk kondisi PRIMARY KEY pada umumya, namun kalian juga bisa gunakan pada kondisi tertentu sesuai dengan kebutuhan kalian.

Lalu, bagaimana cara penerapan hapus kepada sistem atau pengaplikasiannya?.

Cara Mengaplikasinya Proses Hapus kedalam Sistem

Kita siapkan source code untuk menampilkan datanya terlebih dahulu, agar kita bisa mengeksekusi proses hapusnya dengan benar.

Jadikan satu folder dengan file hapus tadi, dan beri nama source dibawah ini index.php, agar langsung menampilkan daftar data pada tabel yang ingin kita tampilkan.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title>Perpustakaan</title>
</head>
<body>
<h1>Daftar Bukutamu Perpustakaan</h1>
<table>
<tr>
	<th>No</th>
	<th>Nama Tamu</th>
	<th>Telepon</th>
	<th>Alamat</th>
	<th>Opsi</th>
</tr>
<?php 
	$koneksi = mysqli_connect("localhost","root","","database");

	$sql = mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM bukutamu");
	$no = 1;
	while($row = mysqli_fetch_array($sql)) {
?>
<tr>
	<td><?php echo $no; ?></td>
	<td><?php echo $nama_lengkap; ?></td>
	<td><?php echo $telepon; ?></td>
	<td><?php echo $alamat; ?></td>
	<td><a href="hapus.php?id=<?php echo $row['id']; ?>">Hapus</a></td>
</tr>
<?php } ?>
</table>
</body>
</html>
Catatan :
Pada bagian hapus.php?id=<?php echo $row['id']; ?> itu merupakan fungsi yang mana dia mengambil nama kolom pada tabel database, jadi sesuaikan dengan primary key tabel yang kalian buat.

Pada bagian id yang diberi warna, kalian bisa sesuaikan dengan primary key yang kalian punya, contoh id_barang, hapus.php?id_barang=<?php echo $row['id_barang']; ?>.

Simpan dan lihat hasilnya, buka pada localhost/namafolder, kemudian klik hapus pada data yang ingin kalian hapus.

Untuk tabelnya, kalian bisa sesuaikan dengan jumlah kolom yang kalian buat.

Itulah penjelasan mengenai cara bagaimana membuat sistem hapus menggunakan php mysql. artikel ini sudah saya update dengan versi mysqli.

Post a Comment for "Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Hapus"