Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Simpan

Dunia Programming - Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara memfungsikan Bukutamu yang sudah kita buat kemaren layaknya Program yang sudah jadi. Oke untuk yang pertama, saya akan memberikan penjelasan yang sangat detail mengenai cara membuat Form Buku tamu agar bisa menyimpan data.

Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Simpan
Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Simpan

Jadi, pada saat pengguna menginputkan data pada Form Bukutamu, maka data yang di inputkan si pengguna secara otomatis akan masuk kedalam Database, gambaranya seperti itu.

nah, buat kalian nih yang ketinggalan dengan tutorial pembuatan Form Bukutamu, bisa dibaca kembali kok hehehehe.

Setelah kalian buat Form Bukutamunya, selanjutnya kita buat source code atau peirntah menyimpan hasil inputan itu tadi, agar data dapat tersimpan dalam database. bagaimana caranya?

Membuat Database Form Buku Tamu 


Langkah yang harus kita lakukan sebelum masuk ke proses simpan pada sistem buku tamu adalah membuat database, sebelumnya kalian wajib install xampp terlebih dahulu, bila kalian belum install silahkan kalian install xampp terlebih dahulu agar kalian bisa melanjutkan tutorial ini.

Setelah kalian install, selanjutnya kalian buka xampp-controller.exe (untuk versi terbaru) di bagian c:/xampp/xampp-control.exe, kalian klik 2x kemudian klik start Apache dan MySQL.

setelah itu, bukan browser kalian, boleh Firefox, Chrome, ataupun Opera. Namun admin sarankan kalian gunakan browser Chrome versi terbaru ya.

Setelah itu ketik alamat localhost/phpmyadmin di url browser kalian untuk memulai proses pembuatan database, namun pastikan untuk Apache dan MySQL di xampp tadi sudah kalian start ya.

Setelah itu buat databasenya dengan cara klik new pada sebelah kiri tampilan layar, kemudian isi nama database sesuai keinginan kalian, sebagai contoh db_bukutamu. setelah dibuat, kita masuk kedalam pembuatan tabelnya.

kita buat nama tabel t_tamu, dengan struktur sebagai berikut :

no - int - primary key - auto_increment (AI)
nama - varchar - 30
email - varchar - 60
kota - varchar - 30
alamat - varchar - 150
pesan - text

Setelah selesai dibuat, selanjutnya kita mask kedalam tutorial pengcodingan, bagaimana caranya?

Cara Membuat Koneksi dengan Database


Cara mengkoneksikan aplikasi web kalian dengan database cukuplah mudah, di PHP caranya sangat simpel, pertama kalian buat file dengan nama koneksi.php di folder yang dulu pernah kalian buat, setelah itu ketik code dibawah ini :
<?php
    $host = "localhost";
    $user = "root";
    $pass = "";
    $db = "db_bukutamu";

    $koneksi = mysqli_connect($host, $user, $pass, $db);
?>
Setelah kalian ketik code diatas, kita masuk ke tahap proses pengcodingan simpan data, berikut codenya

Berikut Source code untuk Menyimpan data input data.

<?php
    include "koneksi.php";
    $nama = $_POST['nama'];     $alamat = $_POST['alamat'];     $email = $_POST['email'];     $kota = $_POST['kota'];     $pesan = $_POST['pesan'];     $qry = mysqli_query($koneksi, "INSERT INTO t_tamu VALUES            ('$nama','$alamat','$email','$kota','$pesan')";     if($qry) {         echo "<script>window.location=('index.php')</script>";         } else {               echo "<script>window.location=('index.php')</script>";       } ?>

Setelah source code diatas kalian copy, simpan dengan nama simpan.php, dan coba kalian lakukan proses simpan dengan menggunakan buku tamu yang sudah pernah kita buat di tutorial pertama, jangan lupa ya ketik localhost/nama_folder, dan kebetulan di tutorial pertama nama foldernya adalah bukutamu. jadi nanti pemanggilan nama foldernya localhost/bukutamu.

Penjelasan Singkat

Penjelasan Singkat mengenai beberapa fungsi diatas adalah sebagai berikut
include : adalah memasukkan file atau mengaitkan file lain contoh include "nama_file.php";
$_POST : suatu perintah yang digunakan untuk mengirim data inputan contoh $_POST['name'];
$nama : adalah sebuah variabel yang mewakili dari value (setelah sama dengan) dan bisa kalian ganti dengan nama sesuka kalian.
mysqli_query : perintah yang digunakan untuk mengeksekusi code yang berhubungan dengan database.
<script> : adalah printah javascript

Untuk hasil dari proses simpannya sementara kalian bisa lihat dibagian database di link localhost/phpmyadmin database db_bukutamu di tabel t_tamu.

dan sekarang kita akan membuat tampilan dari proses simpannya, bagaimana? lanjut ketutorial berikutnya ya.

Jangan lupa klik iklan ya agar dunia programming bisa terus update tutorial terbaru demi kalian bisa belajar enak nih hehehe

Post a Comment for "Membuat Form Bukutamu Keren Dinamis Simpan"

Berlangganan via Email