Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools

Dunia Programming - Bagaimana sih cara mendaftarkan blog kita di Google Web Master Tools...?, dan apa manfaat bila kita daftar di Google Webmaster Tools untuk blog kita...?, semua jawaban kalian diatas akan saya kupas satu persatu, untuk pertama kali, kita akan bahas terlebih dahulu, apa sih Google Webmaster Tools itu...?
Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools - Dunia Programming
Google Webmaster Tools

Pengertian Google Webmaster Tools


Google Webmaster Tools (GWT) adalah sebuah mesin bantu atau perangkat pembantu yang disediakan oleh Google untuk mengoptimalkan atau memaksimalkan kerja sebuah blog atau website yang bisa diakses tentunya apabila blog atau situs tersebut sudah terdaftarkan sebelumnya ke google.

Pertanyaan yang mungkin sering dilontarkan oleh para blogger maupun publisher adalah kenapa kita harus mendaftarkan website atau blog kita di google webmaster tools...?, apakah ada keuntungannya bila blog kita mendaftar ke GWT..?


Jawabannya, ada keuntungnannya, dan pastinya kalian akan merasa puas. Kita perlu mendaftarkan blog ke webmaster tools adalah karena kita semua juga sudah tau bahwa google adalah mesin pencari terbaik yang sering digunakan oleh masyarakat seluruh dibelahan dunia, khususnya indonesia. Untuk menemukan berbagai macam informasi baik dalam bentuk tulisan artikel, gambar maupun video, dan google adalah pintu atau jembatan yang digunakan oleh semua orang untuk menuju ke website atau blog anda nanti.

Dengan mendaftarkan blog atau website kalian ke webmaster tools secara otomatis kalian juga bisa meningkatkan SEO pada website maupun blog kalian.


Baca : 4 Teknik SEO Friendly 100% Ampuh

Kegunaan Google Webmaster Tools ini sangatlah banyak sekali, selain untuk memverifikasi blog atau website kalian, webmaster tools juga berguna untuk memasukkan sitemap dari website atau blog kalian, sehingga isi dari semua yang ada di blog maupun website kalian bisa di tangkap oleh google, baik artikel yang ditambahkan, maupun artikel yang diupdate.
Bagaimana cara mendaftarkan blog atau web kita ke webmaster tools...?, simak caranya dibawah ini. 

Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools


1). Gunakan akun Gmail aktif kalian, jika kalian belum punya, silahkan daftar terlebih dahulu.

2). Kemudian, bukak browser kalian dan akses Google Webmaster Tools.

3). Setelah anda masuk, kalian akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. setelah itu klik Add Property, kemudian masukkan link blog kalian lalu klik Add.
Langkah Ketiga | Pendaftaran Blog Ke Google Webmaster Tools

4). Setelah kalian melakukan langkah diatas, kalian akan dibawa kebagian verifikasi, didalam tampilan ini kalian akan melihat 2 tipe verifikasi, yaitu Recommended Method dan Alternate Methods.

Langkah Keempat | Pendaftaran Blog Ke Google Webmaster Tools

Keterangan : Jika kalian memilih Recommended Method, kalian harus mendownload file html di nomor 1, dan setelah itu kalian upload ke folder root website kalian melalui FTP atau kalian bisa upload melalui file manager di cPanel hosting yang kalian gunakan, setelah upload selesai silahkan klik tombol Verifiy.
Langkah Keempat | Pendaftaran Blog Ke Google Webmaster Tools


Keterangan : Jika kalian lebih memilih Alternate methods daripada Recommended Method cara ini terbilang cukup ampuh dari yang diatas. Jika kalian memilih proses maka, akan terdapat 4 pilihan, Jika kalian menggunakan Blogger, Joomla, Zyrec, ataupun CMS Wordpress kalian harus menggunakan metode yang ini dan memilih HTML Tag.

Kita pilih yang Alternate methods, setelah itu klik pilihan HTML Tag, Kemudian copy script khusus yang sudah disediakan oleh Webmaster Tools.

Copy script tersebut diantara pembuka <head> dibawah <title></title>, setelah kalian paste, klik Verivy pada Webmaster Tools.

Jika proses verifikasi di atas sudah kalian lakukan dan berhasil sehingga kalian melihat centang hijau, dan sekarang yang haruskalian lakukan adalah memasukkan sitemap.xml website atau blog kalian juga dengan cara masuk ke bagian menu Crawl > Sitemaps > ADD/TEST SITEMAP, setelah itu kalian masukkan url sitemap.xml.

Selain cara diatas masih banyak kegunaan yang lain dari Webmaster Tools, akan tetapi cara ini biasa digunakan untuk meningkatkan kuwalitas blog ata website kalian agar menjadi SEO Friendly.

Baca : Cara Menghapus Crawl yang Error Pada Webmaster Tools

Oke cukup sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat, dengan apa yang saya informasikan, terimakasih.

3 comments for "Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools"

  1. makasih min, artikelnya sangat berguna buat pemula seperti saya

    ReplyDelete
  2. tambahan min , agar cepat terindeks google , tambahkan juga setiap arikel yang baru di postingkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sih, itu sudah otomatis kebaca google, sebab kita kan udah memasukkan kode verifikasinya, jadi tanpa memasukkan artikel yang baru di post pun sudah kebaca oleh google :)

      Delete