Dasar-Dasar OOP Dengan Delphi
Dunia Programming - Halo Programmer Dekstop, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membahas lanjutan tutorial kemaren, bagi kalian yang ketinggalan artikel Dunia Programming, bisa kalian baca lagi disini.
Baca Juga :
Oke, kali ini saya akan membahas Dasar-Dasar OOP (Object Orientation Program) Dengan Delphi, ayo kita mulai.
Baca Juga :
Oke, kali ini saya akan membahas Dasar-Dasar OOP (Object Orientation Program) Dengan Delphi, ayo kita mulai.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) DENGAN DELPHI
Object Pascal merupakan bahasa dasar yang digunakan oleh Delphi. Object Pascal merupakan bahasa
pemrograman yang berorientasi objek. Artinya bahwa bahasa ini membolehkan programmer untuk
membuat dan memanipulasi objek. Lebih lanjut, ini artinya bahwa bahasa tersebut dapat
mengimplementasikan 4 prinsip dasar dari pemrograman berorientasi objek
2
yaitu :
Delphi 7 |
1. Abstraksi Data (Data Abstraction)
2.
Enkapsulasi
(Encapsulation)
3.
Pewarisan
(
Inheritance
)
4.
Pol
imorpis
me
(Polymorphism)
Object Oriented Programming merupakan cara membuat program dengan memanipulasi objek. Delphi
(begitu juga C++ dan Java) merupakan bahasa berorientasi objek. Prinsip pemrograman berbasis objek
pada semua bahasa tersebut sebenarnya s
ama. Perbedaannya hanya pada bagian sintaknya saja.
Sekali kalian menguasai prinsip tersebut maka tanpa memandang bahasa yang dipakai pun kalian akan dapat memahaminya dengan baik. Konsep seperti inheritance dan abstraksi data semuanya sama pada Delphi, C++, J ava. Sekali lagi perbedaannya hanya pada sintak bahasanya saja.
Sekali kalian menguasai prinsip tersebut maka tanpa memandang bahasa yang dipakai pun kalian akan dapat memahaminya dengan baik. Konsep seperti inheritance dan abstraksi data semuanya sama pada Delphi, C++, J ava. Sekali lagi perbedaannya hanya pada sintak bahasanya saja.
DEFINISI CLASS
Ketika kalian menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek, makkaliana akan banyak
mendengar istilah Class dan Object.
Sebuah Class mendefinisikan karakteristik abstrak dari
sebuah benda (obyek), termasuk karakteristik
benda (atribut atau ciri benda) dan perilaku benda tersebut (sesuatu yang bisa dilakukan oleh benda
tersebut atau dikenal dengan method atau operasi). Banyak juga yang mendefinisikan class sebagai
cetak biru ya
ng menjelaskan tentang sesuatu.
Contoh adalah obyek manusia. Manusia mempunyai atribut tinggi, berat badan, nama, warna rambut serta memiliki method atau operasi seperti manusia bisa melakukan makan, minum, berbicara dan lain - lain. Properti atau attribut d an method yang mendefinisikan suatu Class disebut dengan member (anggota).
Contoh pembuatan / pendeklarasian sebuah Class dengan Delphi adalah
Pada contoh di atas, kita mempunyai sebuah kelas yang bernama TManusia yang mengabstraksikan benda manusia. Dalam class Tmanusia terdapat attribut berupa Nama, Tinggi dan Berat manusia tersebut.
Setiap benda diabstraksikan dengan Nama, Tinggi, dan Berat. Sedangkan perilaku yang bisa dilakukan ole benda itu (method) adalah UcapNama. Dapat dilihat bahwa atribut dan perilaku(method) digabungkan dalam sebuah class. Itulah yang namanya enkapsulasi.
Sekian penjelasan sedikit mengenai Dasar-dasar Delphi, semoga apa yang saya bahasa tadi bermanfaat bagi kalian, sekian dan Terimakasih.
Contoh adalah obyek manusia. Manusia mempunyai atribut tinggi, berat badan, nama, warna rambut serta memiliki method atau operasi seperti manusia bisa melakukan makan, minum, berbicara dan lain - lain. Properti atau attribut d an method yang mendefinisikan suatu Class disebut dengan member (anggota).
Contoh pembuatan / pendeklarasian sebuah Class dengan Delphi adalah
Java Netbeans
TManusia=class { atau T Manusia=class(Tobject) }
Nama:String;
Tinggi:Integer;
Berat:Double;
procedure UcapNama;
end;
{Implementasi method UcapNama}
procedure TManusia.UcapNama;
begin
writeln(‘Saya adalah ‘+nama
end;
Nama:String;
Tinggi:Integer;
Berat:Double;
procedure UcapNama;
end;
{Implementasi method UcapNama}
procedure TManusia.UcapNama;
begin
writeln(‘Saya adalah ‘+nama
end;
Pada contoh di atas, kita mempunyai sebuah kelas yang bernama TManusia yang mengabstraksikan benda manusia. Dalam class Tmanusia terdapat attribut berupa Nama, Tinggi dan Berat manusia tersebut.
Setiap benda diabstraksikan dengan Nama, Tinggi, dan Berat. Sedangkan perilaku yang bisa dilakukan ole benda itu (method) adalah UcapNama. Dapat dilihat bahwa atribut dan perilaku(method) digabungkan dalam sebuah class. Itulah yang namanya enkapsulasi.
Sekian penjelasan sedikit mengenai Dasar-dasar Delphi, semoga apa yang saya bahasa tadi bermanfaat bagi kalian, sekian dan Terimakasih.
Post a Comment for "Dasar-Dasar OOP Dengan Delphi"
- Gunakan Kata-Kata Yang Sopan
- Dilarang Keras Menaruh Link Aktif Dibawah Postingan
- Dilarang Membuat SPAM
- Dilarang Saling Melecehkan Antar Sesama
- Dilarang Promosi Web/Blog/Obat-Obatan Atau Yang Lain