Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Pengenalan Borland Delphi

Dunia Programming - Halo Hay Kawan, bertemu lagi dengan saya, dalam tutorial Dunia Programming, kali ini saya akan memperkenalkan Pemrograman Desktop selain Javanetbeans apa itu...? yap Delphi, ada yang tau atau pernah menggunakan Aplikasi yang satu ini...?.

Sebelum kita mulai membuat Programnya, kita bahas dulu, apa sih Delphi itu...? dan Kelebihan apa yang kita dapat bila menggunakan program dari Delphi..? mari kita mulai.

Borland Delphi


Borland Delphi adalah sebuah alat pengembangan aplikasi - aplikasi untuk sistem operasi Microsoft Windows. Delphi sangat berguna dan mudah digunakan untuk membuat suatu program berbasis GUI (Graphical user interface) atau console (mode teks).
Delphi 7

Borland Delphi mempunyai “saudara” bernama Borland Kylix yaitu versi Delphi yang digunakan untuk membuat aplikasi pada sistem operasi Linux. Dengan dipasangkannya Borland Delphi dengan Borland Kylix maka pengembang software dapat membuat aplikasi berbasis Windows yang dapat dengan mudah dikompilasi ulang pada Linux. 

Delphi merupakan bahasa pemrograman pertama yang memecahkan batasan antara bahasa tingkat tinggi, pengembangan aplikasi dengan cepat (Rapid Application Development/RAD). Ketika membuat aplikasi GUI den gan Delphi, pengembang perangkat lunak akan mendapatkan bahasa pemrograman (dalam hal ini Object Pascal) yang dibungkus dalam lingkungan RAD. 

Semua user interface seperti form, tombol (button), dan objek list - list telah disertakan dalam Delphi dalam bentuk komponen atau control. Pengembang dapat dengan mudah menempatkan komponen - komponen tersebut ke dalam form. Pengembang dapat juga menempatkan control ActiveX pada form untuk membuat program - program khusus seperti Browser Web dalam waktu yang cepat. Delphi memungkinkan pengembang untuk merancang keseluruhan interface secara visual, dan dengan cepat dapat diimplementasikan sebuah kode perintah berbasis event (event driven) dengan mengklik mouse. Dengan Delphi, pengembang perangkat lunak dapat membuat program Windows dengan lebih cepat dan lebih mudah dari sebelumnya.

Kelebihan Menggunakan Borland Delphi


Kelebihan kelebihan yang dapat diambil ketika seorang pengembang perangkat lunak menggunakan Borland Delphi adalah:
 

1). Delphi mendukung Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP)

2). Pengembangan aplikasi secara cepat (Rapid Application Development/RAD)

3). Menggunakan bahasa tingkat tinggi

4). Hasil dari proses kompilasi berupa sebuah file yang dapat dieksekusi (executable file) sehingga mempermudah dalam pendistribusian program dan mengurangi banyaknya file pendukung DLL

Sekian Dulu Penjelasan dari saya, semoga apa yang sudah saya jelaskan diatas dapat kalian fahami dan kalian mengerti. Kalau kalian ingin mencoba membuat program dari Delphi, silahkan baca artikel berikut 


Baca Juga :

Itulah beberapa Program yang sudah saya buat semoga bermanfaat. Terimakasih

Post a Comment for "Pengenalan Borland Delphi"