Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Belajar Laravel 1 : Pengertian dan Cara Install Laravel Lengkap

Pengertian dan Cara Install Laravel Lengkap - Apakabar sahabat Dunia Programming, maaf akhir-akhir ini admin jarang post hehehe, karena banyak kesibukan didunia nyata jadi admin jarang bikin artikel, dan alhamdulillah sesuai request dari kalian, admin akan bahas tutorial tentang Laravel lengkap sampai dengan membuat sebuah aplikasi, disini admin akan memberikan tutorial dasar mengenai laravel, tahap pengenalan dan semua yang bersangkutan dengan laravel.

Dunia Programming - Pengertian & Install Laravel Lengkap
Pengertian & Install Laravel Lengkap

Pengertian dan Cara Install Laravel Lengkap


Pengertian Laravel


Laravel adalah sebuah framework yang paling populer saat ini dan banyak digunakan untuk pemerintahan dan instansi besar. Laravel ini sama halnya dengan Codeigniter, jika kalian adalah salah satu pengguna Codeigniter pastinya kalian tidak asing lagi dengan Framework tersebut, keduanya merupakan Framework atau kerangka kerja PHP yang bertujuan untuk mempermudah sistem pengerjaan seorang developer atau programmer dalam membangun sebuah sistem atau aplikasi baik dalam skala kecil sampai skala besar.

Laravel sudah mengalami perkembangan sangat pesat lho dan sekarang Laravel mencapai versi 8, jadi pada tutorial kali ini yang nanti kita akan gunakan adalah Laravel versi 8 ya.

Tidak hanya Codeigniter, Laravel juga menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). apa itu MVC? MVC adalah suatu metode yang bertujuan untuk memisahkan bagian-bagian atau komponen untuk merancang suatu aplikasi.

Jika kalian masih awam dengan metode MVC, kalian tidak perlu khawatir, ditutorial ini nanti saya akan bahas lebih detail mengenai laravel, jadi kalian tenang ya, dan jangan lupa like fanspage nya agar kalian dapat memantau artikel terbaru yang ada di Dunia Programming.

Cara Install Laravel Lengkap


Untuk cara instalasinya saya akan memberikan tutorial di Windows maupun Mac OS. Untuk caranya sama saja, asalkan kita sudah melakukan instalasi Composer.

Nah apa itu Composer dan bagaimana cara install nya? kalian bisa baca di sini.

Pastikan kalian juga sudah menginstall xampp nya juga, dan bagi kalian yang benar-benar awam dalam dunia coding, kalian bisa baca tutorial tentang xampp di sini.

Untuk tutorial yang saya lakukan, saya gunakan Windows, karena Laptop saya Windows hehehe, pertama buka CMD kalian bagi pengguna Windows, dan Terminal bagi kalian untuk pengguna Mac OS.

Setelah kalian buka CMD atau Terminal di masing-masing laptop kalian, selanjutnya kita akan langsung memulai proses instalasi Laravelnya dan mendownload laravel menggunakan composer yang sudah kita install tadi.

Pastikan kita arahkan project laravelnya ke htdocs dimana kalian melakukan proses instalasi xampp nya, setelah itu ketik perintah berikut :

Windows 

cd C:\xampp/htdocs/


Mac OS

cd /applications/xampp/xamppfiles/htdocs/

Kemudian ketik perintah dibawah ini untuk membuat project laravel

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_project


Setelah itu tekan enter, dan tunggu sampai proses instalasi laravel selesai

Proses Instalasi Laravel

  • create-project : Perintah untuk membuat project baru
  • --prefer-dist    : Untuk memerintahkan download laravel versi terbaru
  • attendance      : Nama project lavarel yang ingin kalian buat

Pada contoh tutorial laravel kali ini, kita akan membuat sebuah aplikasi dengan sistem yang cukup sederhana dan pastinya CRUD, maka dari itu jangan sampai kalian lompati apa yang saya bahas di tutorial ini, nah untuk nama project kalian bisa sesuaikan, bisa belajar_laravel, atau semau kalian, atau buat kalian yang masih baru bisa samakan dengan tutorial agar kalian bisa mengikuti tutorial yang nantinya akan di bahas langkah demi langkahnya.

Nah untuk proses instalasi diatas wajib menggunakan koneksi ya teman-teman, karena saat instalasi laravel, sistem akan mendownload data-data yang ada di situs laravel, proses ini memakan waktu cukup lama, jadi sabar saja ditunggu sambil makan bakso.

Hasil Instalasi Laravel

Setelah proses instalasi selesai, tampilannya akan nampak seperti gambar diatas. Setelah itu kita panggil folder project yang sudah kita buat tadi, kita ketikkan kode berikut ke CMD nya.

cd nama_project


Setelah kalian ketik kode diatas, kemudian ketik kode berikut

php artisan serve


Coba kita perhatikan kode diatas, pada saat kita mengetikkan php artisan serve kemudian tekan enter, maka secara otomatis project laravel kalian akan dijalankan pada http://127.0.0.1:8000 atau localhost:8000. yang artinya server development laravel sudah di buat dan project kita sudah bisa di akses pada localhost dengan post 8000.

Proses Instalasi Laravel

Jangan di close CMDnya biarkan saja berjalan, karena memang dalam proses pembuatan aplikasi atau website dengan menggunakan laravel harus menjalankan php artisan serve. Kemudian kalian coba buka browser kalian dan ketik localhost:8000, jika tampilannya seperti dibawah ini, maka laravel kalian selesai di install.

Hasil Instalasi Laravel

Selamat, Project laravel kita sudah selesai dibuat, selanjutkan kita akan masuk ke tahap selanjutnya, oke jangan lupa like fanspage Dunia Programming, untuk mengikuti update terbaru artikel Dunia Programming.

Post a Comment for "Belajar Laravel 1 : Pengertian dan Cara Install Laravel Lengkap"

Berlangganan via Email