Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans - Aplikasi Grafik

Aplikasi Grafik adalah sebuah mata pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak kelas 12 semester 1, mata pelajaran ini sama halnya dengan Pemrograman Berorientsi Objek (PBO), namun berbeda cara pengerjaannya, Pemrograman Berorientsi Objek itu lebih menjuru kepada suatu objek dan dijadikan sebuah program, akan tetapi berbeda dengan Aplikasi Grafik, Aplikasi Grafik ini lebih menjuru kepada sebuah animasi bergerak, seperti berubah-ubah, bergerak, memantul dan bentuk animasi yang lainnya.
Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans - Aplikasi Grafik
Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans - Aplikasi Grafik

Untuk pertama kali, saya akan memberikan satu aplikasi dasar dan sederhana buat kalian yang baru mempelajari aplikasi Grafik atau mau belajar tentang aplikasi grafik. yaitu aplikasi grafik dengan desain berbentuk lingkaran merah.

Oke langsung saja kita mulai pembuatan aplikasi grafik yang pertama.


Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans


1). Pertama, install dulu aplikasi Netbeans IDE versi berapapun (disarankan versi 8.1 minimal). setelah kalian install, buka aplikasi Netbeans IDE kalian.

2). setelah itu buat Project baru kalian dengan cara klik menu File > New Project. kemudian pilih Java Application kemudian klik Next. Setelah itu beri nama sesuai dengan yang kalian mau, ushakan gunakan huruf kapital diawal dan gunakan kata penghubung ( _ ) atau kalian gabung saja, agar kalian terbiasa rapi. Misalkan AplikasiGrafik, setelah itu kalian nonaktifkan tanda centang pada Create Main Class, setelah itu klik Finish.

Dimanakah letak file yang sudah kalian buat tadi..? letaknya berada di My Document > NetBeansProjects, apabila kalian ingin menempatkan program-program kalian pada folder lain, silahkan kalian buat foldernya terlebih dahulu, komudian browse folder yang sudah kalian buat.

3). Setelah itu, bukak icon kopi dengan nama ApplicationGrafik, klik Source Packages kemudian klik kanan pada bagian <default package> pilih New > JFrame Form..., kemudian beri nama Class Name sesuai dnegan keinginan kalian misalkan Aplikasi1, setelah itu klik Finish

4). lalu, Ambil JPanel tanpa kalian ganti nama variabelnya jadi (jPanel1) dari Pallete. Setelah itu, kalian klik kanan komponen JPanel itu, kemudian pilih Properties lalu cari nama Border kemudian klik nama Border tadi, setelah itu pilih Title Border kemudian beri nama judul pada bagian Title.

5). lalu ambil juga Scroll Pane dengan nama variabel masih real (jSrollPane1). dan strukturnya akan nampak seperti pada gambar dibawah ini :
Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans - Aplikasi Grafik
Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans - Aplikasi Grafik

6). Setelah itu masukkan source code dibawah ini :

Copy dan pastekan source code bagian header ( Bagian atas sendiri ).

Java Netbeans
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.UIManager;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;

Setelah itu kalian copy source code dibawah ini tepat dibawah public class nama program kalian

Java Netbeans
private Gambar g;
private Dimension area;

Lalu, copy code dibawah ini, dan pastekan tepat dibawah kode initComponents();

Java Netbeans
area = new Dimension(200,200);
g = new Gambar();
g.repaint();
jScrollPane1.setViewportView(g);
g.setBackground(Color.white);
g.setPreferredSize(area);
g.setAutoscrolls(true);
this.setLocationRelativeTo(null);

Setelah itu, copy source code dibawah ini, dan pastekan tepat sebelum akhir code tepatnya dibawah tag penutup bagian judul java.awt.EventQueue.

Java Netbeans
class Gambar extends JPanel {
        protected void paintComponent(Graphics g) {
            super.paintComponent(g);
            g.setColor(Color.red);
            g.fillOval(50,50,50,50);
        }
}

Buat kalian yang ingin programnya ingin tampil menarik, kalian bisa baca caranya dibawah ini :

Baca Juga :

Setelah itu, klik tombol CTRL + S atau klik icon save, kemudian kalian eksekusi programnya atau kalian run, dan hasilnya akan nampak sepeti pada gambar dibawah ini :
Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans - Aplikasi Grafik
Tampilan Program

Apabila kalian mengalami kesulitan pada saat membuat program dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas silahkan kalian dapat meninggalkan komentar pada bagian kolom komentar dibawah ini, secepatnya saya akan jawab pertanyaan kalian.

2 comments for "Membuat Lingkaran Merah dengan Java Netbeans - Aplikasi Grafik"

  1. Gan tutorial tentang bahasa pemrograman visual basic dunk

    ReplyDelete
  2. Iya ditunggu aja ya, masih dalam tahap proses nih :)

    ReplyDelete