Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Database Melalui CMD

Dunia Programming - Kebanyakan seseorang hanya tau cara pembuatan database lewat phpmyadmin saja, akan tetapi ada juga yang menggunakan CMD untuk membuat database. apakah bisa...? Jawabannya sangat bisa sekali, bagaimana caranya...?, caranya hampir sama dengan pembuatan database pada phpmyadmin, akan tetapi proses pembuatannya berbeda dengan phpmyadmin, untuk langkah awalnya saja yang sama.
Proses Pembuatan Database Pada CMD

Oke untuk langkah pertama yang harus kita persiapkan untuk membuat database melalui CMD yaitu software xampp, syarat pembuatan database pada CMD sukses yaitu kita harus memiliki software xamppnya terlebih dahulu, setelah itu kita klik start pada bagian Apache dan Mysql, ingat harus dalam keadaan start, jika tidak maka proses pembuatan database pada CMD akan gagal.

Cara Membuat Database melalui CMD


1).  Buka CMD kalian melalui Start, ketik di kolom pencarian dengan nama CMD.
2). Setelah itu buka xampp kalian, lalu start Apache dan Mysqlnya.
3). Setelah itu kita kembali ke CMDnya.
4). Tulis Scriptnya sebagai berikut :

Script Mysql
cd.. (enter)
cd.. (enter)
cd xampp (enter)
cd mysql (enter)
cd bin (enter)
mysql -u root (enter)

5). Setelah kode diatas kalian ketik,maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, jika gagal, ulangi langkah diatas mulai awal, setelah semuanya sukses kita lanjut pembuatan databasenya.  
Langkah Kelima | Membuat Database Melalui CMD

6). untuk nama databasenya terserah kalian mau apa, sebagai contoh saja, kita buat nama databasenya rental_cd.  untuk penulisan scriptnya menjadi create database rental_cd.

7). Lalu Gunakan database yang sudah kalian buat tadi dengan perintah use rental_cd.

8). Setelah itu, kita buat tabel dari database rental_cd diatas, untuk tabel yang perlu dalam program rental_cd adalah tabel pelanggan salah satunya. Scriptnya sebagai berikut.

Script Mysql
Create tabel pelanggan (
Kode Varchar (5) Not Null,
Nama Varchar (20) Not Null,
Alamat Varchar (30) Not Null,
No_Hp Integer (13) Not Null,
Primary Key (Kode)
);

9). Setelah kalian tulis kode diatas, selanjutnya kita akan mengisi tabel yang sudah kita buat tadi dengan script sebagai berikut.

Script Mysql
Insert into pelanggan (Kode, Nama, Alamat, No_Hp) Values ("001","Tajuddin","Jl Laks Martadinata","089777869263");

10). Bila kita ingin melihat hasilnya, maka kita ketikkan kode Select*From pelanggan;

11). Bila kalian ingin mengisikan lagi, atau lebih dari satu bisa kalian ulangi nomer 9 tadi, akan tetapi dengan kode yang berbeda, sebab, bila kita ketikkan kode yang sama, maka akan terjadi benturan data, maka dari itu, nama memiliki kesamaan, yang membedakan mereka berdua adalah Kode, sebab kode tidak mungkin sama (Primary Key).

Setelah itu coba kalian cek pada browser, dan ketik localhost/phpmyadmin di url browser, apakah ada database rental_cd...? yap ada kan.

Buat kalian yang ingin mengetahui banyak tentang macam-macam syntax sql, silahkan baca artikel dibawah ini :

Baca Juga :
Bagaimana..? Mudah bukan..? pastinya dong, semua masalah akan teratasi bila kalian datang ke Dunia Programming, Oh iya untuk kode mysql lainnya gimana..? kalau menambahkan field., menghapus field, menambah data pada field yang baru dan lain-lain...?, nah nantikan tutorial selanjutnya ya, jangan sampai ketinggalan oke, sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat, terimakasih.

5 comments for "Cara Membuat Database Melalui CMD"

  1. Pernah nih nyoba sekali, waktu itu buat database pb offline kalo gasalah, btw tanpa xampp apakah bisa berjalan dengan baik pembuatan databasenya gan?

    ReplyDelete
  2. baru tau saya gan kalo buat databse bisa pake cmd, mantap

    ReplyDelete
  3. Wahh sangat bermanfaat,gan. saya baru ngambil matakuliah basis data nih..

    ReplyDelete

Berlangganan via Email