Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CodeIgniter Part 1 : Pengenalan CodeIgniter

Dunia Programming - Akhir-akhir ini CodeIgniter menjadi sebuah framework yang hangat dibicarakan di Indonesia. Hampir semua milis dan forum PHP banyak membahas masalah CodeIgniter.

dan terlebih lagi, banyak website-website besar yang menggunakan Framework CI ini atau CodeIgniter ini sebagai Framework mereka, sebab kelebihan yang dimiliki oleh Framework ini sangat banyak, salah satunya dalam keamanan dan kemudahan si programmer untuk membuat sebuah website maupun aplikasi website.
CodeIgniter Part 1 : Pengenalan CodeIgniter - Dunia Programming
CodeIgniter Part 1 : Pengenalan CodeIgniter

sebelum kita mulai tutorial Codeigniter, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu, apasih Codeigniter itu.?

Pengertian CodeIgniter


CodeIgniter (CI) adalah sebuah Framework PHP yang kerjanya sama dengan Bootstrap, akan tetapi dalam pengerjaannya berbeda dan dapat mempercepat pengembang untuk membuat sebuah aplikasi web dinamis. Ada banyak library dan helper yang berguna didalamnya dan tentunya mempermudah proses development.

Ibarat ingin membangun rumah maka Anda tidak perlu membuat semen, memotong kayu menjadi papan, mengubah batu menjadi porselen dan lain-lain. Anda cukup memilih komponen-komponen tersebut lalu dikombinasikan menjadi rumah yang indah.

"Hmmm kayak Bootstrap min cara kerjanya...?"

yap betul sekali, sama persis kerjanya kayak bootstrap, akan tetapi beda cara ya kawan.

"Terus, untuk penggunaan CodeIgniter ini apakah ada kelebihan lain selain lebih cepat dalam proses pembuatannya min..?"

Ada, Keuntungan yang didapat salam penggunaan CodeIgniter ini adalah...

Menghemat Waktu Pengembangan


Dengan struktur dan library yang telah disediakan oleh framework maka tidak perlu lagi memikirkan hal-hal tersebut, jadi Anda hanya fokus ke proses bisnis yang akan dikerjakan.

Penggunaan Code Yang Tetap


Dengan menggunakan framework CodeIgniter ini perkerjaan kita dalam pembuatan sebuah website akan memiliki struktur yang baku, sehingga kita dapat menggunakannya kembali bila sewaktu-waktu kita mengerjakan proyek yang lainnya.

Bantuan komunitas 


Ada komunitas-komunitas yang siap membantu jika ada permasalahan, selain itu juga bisa berbagi ilmu sehingga dapat me ningkatkan kemampuan pemrograman kita.

Kumpulan best practice


sebuah framework merupakan kumpulan best practice yang sudah teruji. Jadi kita dapat meningkatkan kualitas kode kita.

Oke, Cukup sekian tentang Codeigniter untuk kelanjutannya, anda bisa mengirimkan alamat email kalian, untuk menerima informasi-informasi terbaru yang ada di blog saya, semoga bermanfaat sekian terima kasih.

Baca juga :

Post a Comment for "CodeIgniter Part 1 : Pengenalan CodeIgniter"

Berlangganan via Email