Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Cara Menggunakan HTML Editor

Dunia Programming - Pada tutorial kali ini, saya akan mambahas tentang Cara Menggunakan HTML Editor untuk membuat sebuah halaman website, sebelum kita bahas cara menggunakannya, setidaknya kita harus tau terlebih dahulu, apasih HTML Editor itu...?

Pengertian HTML Editor


HTML Editor adalah sebuah software yang digunakan untuk mengedit sebuah file-file yang berhubungan dengan web seperti file yang berekstensi html, css, js, dan lain lain yang berhubungan dengan Web.
Cara Menggunakan HTML Editor Lengkap
Tampilan HTML Editor | SublimeText

HTML editor sendiri memiliki banyak macam dan banyak versi diantaranya, Notepad, Notepad++, SublimeText dan masih banyak lagi. saya percaya dan yakin, agar kalian bisa menjadi programmer yang handal, tentunya anda diharuskan untuk menggunakan software editor ini, sebab dengan kebiasaan kalian mengetik script satu persatu kalian dengan tidak sengaja sudah belajar menghafal script tersebut dengan nama, tataletak maupun kegunaan script tersebut. untuk lebih lengkapnya.


Oke persiapan untuk memulai percobaan menggunakan HTML Editor, kalian boleh mememilih Software apa yang akan digunakan untuk belajar membuat sebuah tampilan website, untuk percobaannya saya memulai dengan Notepad biasa saja.

 

Langkah pertama : Buka Notepad kalian  


Untuk software yang satu ini, kalian tidak perlu susah sauh mencari dan menginstallnya, sebab Notepad sudah ada disemua versi Windows, jadi kalian tinggal cari saja di Tombol Start, kemudian ketikkan "Notepad", maka akan muncul icon notepad, klik icon Notepad tersebut.
Tampilan Notepad | Baru

 

Langkah kedua : Ketikkan script yang membentuk sebuah tampilan website


Untuk pertama kalinya, sebagai pemula, copy pastekan script dibawah ini, tapi saran saya agar mengetik source code dibawah ini, biar kalian jadi terbiasa dengan bahasa pemrograman ini.

Contoh script HTML

Script HTML
<html>
<head>
<title>Dunia Programming</title>
</head>
<body>
<h1>Dunia Programming</h1>
</p>Kumpulan Tutorial-tutorial pemrograman terlengkap</p>
</body>
</html>

Tampilan Notepad | Memasukkan Script

 

Langkah ketiga : Menyimpan file yang sudah ditulis tadi dengan extensi .html


Setelah script tadi sudah kalian ketik, langkah selanjutnya yaitu menyimpan file tadi dengan nama index.html, untuk nama index terserah bisa kalian ganti-ganti juga, asalkan tetap akhirnya harus .html agar nanti bisa tampil pada browser.
Tampilan Notepad | Menyimpan File

 

Langkah keempat : Membuka hasil kerja kalian pada browser.


setelah kalian simpan, kemudian buka file yang sudah kalian simpan tadi ke browser dengan cara klik 2x, atau juga bisa memilih browser favorit kalian dengan cara klik kanan, pilih Open with (Terserah kalian). maka tampilannya akan seperti ini.
Tampilan Browser Mozilla Firefox | Tampilan Web

Bagaimana hasilnya...? keren bukan...? itu langkah awal kalian nantinya untuk membuat sebuah tampilan website. Jalan kalian masih panjang untuk belajar membuat sebuah web keren, kalau kalian mau lanjut materi, silahkan kalian pelajari materi dibawah ini :


Terus berjuang, terus berusaha, pantang menyerah itulah prinsip seorang programmer, sekian terimakasih. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan HTML Editor"