Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Membuat Aplikasi Java Dekstop Sederhana Menggunakan Netbeans IDE

Dunia Programming - Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi sederhana dengan konsep CRUD (Create, Read, Update dan Delete) menggunakan bahasa pemrograman java dekstop. sebenarnya sistem coding yang digunakan diberbagai bahasa pemrograman itu sama, namun ada beberapa yang membedakan antara bahasa satu dengan yang lainnya diantaranya struktur awal, dan masih banyak lagi.

Membuat Aplikasi Java Dekstop Sederhana Menggunakan Netbeans IDE


Namun pada intinya source code yang digunakan untuk CRUD tersebut tetaplah sama, konsepnya adalah bagaimana agar aplikasi yang kita buat bisa berhubungan dengan database yang sudah kita siapkan.

Maka dari itu kita harus memahami yang namanya MySQL, apa itu mysql? buat yang belum faham silahkan baca penjelasan mengenai mysql disini.

Untuk pembuatan aplikasi java dekstop ini sebenernya bisa kalian diberbagai editor manapun, Netbeans IDE, Eclipse dan masih banyak lagi, namun admin menyarankan untuk menggunakan Netbeans IDE, karena untuk java dekstop sangat familiar dengan editor yang satu ini.

Jadi yang belum memiliki editor Netbeans IDE, kalian bisa download terlebih dahulu disitus resminya, gunakan keyword "Download Netbeans IDE versi terbaru" untuk bit nya sesuaikan dengan bit yang ada di laptop/komputer kalian karena itu sangat berpengaruh nanti pada saat proses penginstalan.

Cara Install Netbeans IDE Mudah

Sebelum kita masuk ke pembahasan bagaimana cara membuat aplikasinya, kita harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu.

1. Buka browser kalian, kemudian ketik kata kunci download netbeans IDE ...bit (sesuaikan dengan versi bit laptop/komputer kalian

2. Pastikan situs yang kalian download bersumber pada oracle.com karena selain itu ditakutkan kalian nanti malah kenak spam bisa juga malware ataupun virus.

3. Pilih versi sesuai windows kalian x86 atau x64 setelah itu click download, dan jangan lupa sebelum kalian klik link download itu, kalian Accept License Agreement.

4. Setelah file terdownload, lakukan instalasi softwarenya.

Mungkin admin ga perlu kasih tau proses instalasinya hehe, karena mungkin kalian pasti faham apa yang harus dilakukan, kebanyakan cuman next-next aja jadi silahkan kalian coba sendiri ya.

Setelah kalian melakukan instalasi saatnya kita masuk ke materi bagaimana cara membuat aplikasi sederhana pada java dekstop menggunakan aplikasi Netbeans IDE?

Membuat Aplikasi Java Dekstop Sederhana

Untuk cara membuat aplikasi ini, saya buat sesimpel mungkin, semudah mungkin agar kalian bisa memahami bagaimana alur proses programnya, sebelum kita masuk ke tahap CRUD, wajib bagi kita untuk menyusun atau membuat tampilannya terlebih dahulu, caranya adalah sebagai berikut :

1. Klik menu File, Pilih New Project, Pastikan untuk projectsnya pilih Java Application, kemudian klik Next

2. Untuk nama project kalian bebas memberi nama apa, sebagai latihan saya beri nama AplikasiSederhana, usahakan untuk nama projectnya jangan menggunakan spasi ya, kalian bisa gunakan underscore (_) untuk memisah kata 1 dengan lainnya, dan untuk Create Main Class, kalian hilangkan centangnya, kemudian klik Finish.

3. Setelah itu, buka project kalian, dan buat Form baru dengan cara klik kanan <default package>, Pilih New > JFrame Form, kemudian beri nama class sesuai dengan keinginan kalian, sebagai contoh disini saya beri nama Form, setelah itu klik Finish.

4. Sebelum kalian membuat tampilan programnya, kalian bisa atur layout nya terlebih dahulu, agar pada saat kalian melakukan desain formnya, kalian lebih dipermudah, caranya seperti berikut

Klik kanan [JFrame] yang ada pada kiri bawah layar pada bagian [JFrame] - Navigator, pilih Set Layout > Absolute Layout.

Setelah itu buat tampilannya seperti dibawah ini :

Membuat Aplikasi Java Dekstop Sederhana Menggunakan Netbeans IDE

Setelah itu kita masuk ke dalam proses menamaan setiap komponen, caranya klik kanan setiap komponen baik textfield maupun button, tidak termasuk label ya, proses ini dinamakan variabel pada object, tujuannya agar kita bisa memberikan perintah dengan mudah pada masing-masing komponen yang sudah kita buat.

Caranya klik kanan kemudian pilih Change Varible Name..., setelah itu klik Oke.

Keterangan :

  1. TextField NIS = nis
  2. TextField Nama Lengkap = nama
  3. TextField Tanggal Lahir = tanggal
  4. TextField Alamat = alamat
  5. Button Simpan = simpan
  6. Button Hapus = hapus
  7. Button Ubah = ubah
  8. Button Keluar = keluar

Setelah semuanya selesai, kita masuk ke tahap cara mengkoneksikan aplikasi dengan mysql, saya akan bahan ini di tutorial selanjutnya

untuk tutorialnya akan saya bahas di tutorial selanjutnya, dan jangan lupa support terus situs Dunia Programming dengan cara klik salah satu iklan yang ada di sini ya, karena dengan kalian klik iklan disini, otomatis kami merasa terbantu. Terima kasih

Post a Comment for "Membuat Aplikasi Java Dekstop Sederhana Menggunakan Netbeans IDE"