Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Belajar Python 4 : Penulisan Komentar Pada Python

Penulisan Komentar Pada Python - Pada tutorial python kali ini saya akan melanjutkan materi kemaren yang membahas tentang kode pembuka hello world, disini saya akan menjelaskan bagaimana sih cara menulis komentar pada python? apakah sama dengan penulisan komentar-komentar di bahasa pemrograman yang lain?. sebelum kita masuk ke cara penulisan komentar pada python, alangkah baiknya kita harus memahami dulu apa sih komentar itu dan fungsinya dalam pengcodingan itu buat apa?

Penulisan Komentar Pada Python - Dunia Programming
Penulisan Komentar Pada Python

Komentar Python

Komentar (comment) adalah sebuah kode di dalam script Python yang tidak dieksekusi atau tidak dijalankan oleh mesin. Komentar hanya digunakan untuk menandai atau memberikan keterangan tertulis pada source code kalian.

Komentar biasa digunakan untuk menandai atau memberikan penjelasan tenatng script yang ditulis. atau untuk mengingatkan kepada seorang programmer itu sendiri jika suatu saat dia kembali mengedit script tersebut biar tidak lupa apa fungsi dan kegunaan source code tersebut, tak hanya itu, terkadang komentar digunakan untuk menandai antara section 1 dengan section lainnya dan bertujuan agar pencarian bisa lebih mudah dengan adanya penandaan menggunakan komentar.

Untuk menggunakan komentar, kalian cukup menulis tanda pagar #, diikuti dengan komentar yang ingin kalian tuliskan.

Dibawah ini merupakan contoh penggunaan komentar pada Python.


# Ini adalah sebuah komentar
# Tulisan yang saya tulis tidak akan tampil atau di eksekusi oleh sistem

#komentar dengan tanda pagar hanya bisa digunakan
#untuk
#satu
#baris saja

"""
Penulisan Komentar lebih dari satu baris yaitu
dengan menggunakan kutip dua 3 kali dan 
ditutup dengan kutip dua 3 kali juga
"""

print("Hello World") #ini juga komentar

#print("Selamat Datang di Dunia Programming")

# komentar bisa berisi spesial karakter !@#$%^&*(),./;'[]\

#mencetak nama
print("Dunia Programming")

#mencetak angka/integer
print(123)

Saat kalian menjalankan script diatas, kalian akan melihat hasil atau output berupa Hello World, Dunia Programming dan 123, karena tulisan/komentar yang ditulis tidak dieksekusi. Sekian tutorial dari saja, dan kita lanjut ke tutorial selanjutnya agar kalian bisa lebih mendalami tentang pengcodingan Python. 

Post a Comment for "Belajar Python 4 : Penulisan Komentar Pada Python"