Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Belajar Python 1 : Pengertian dan Cara Install Python

Pengertian dan Cara Install Python - Halo Dunia Programming kali ini akan membahas seputar python, pasti dari kalian ada yang sudah pernah dengar kata python? iyap ular, hehe namun disini saya bukan membahas tentang ularnya, melainkan bahasa pemrogramannya, penasaran kan dengan bahasa pemrograman ini? kita telusuri dulu ya dari mana sih sebenernya python ini dan gimana sejarahnya.

Pengertian dan Cara Install Python - Dunia Programming
Pengertian dan Cara Install Python

Pendahuluan Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, seperti C++ dan java, python sendiri diluncurkan untuk meringkas beberapa kode yang nantinya akan dipersigkat oleh python dan agar lebih mudah memahami syntax. Hal ini membuat Python sangat mudah dipelajari untuk berbagai kalangan baik untuk pemula maupun untuk yang sudah menguasai bahasa pemrograman lain, jadi jangan kira semakin aneh nama bahasa pemrograman yang kalian ketahui maka semakin susah, justru semakin berkembangnya teknologi, maka semakin mudah juga penulisan-penulisan source codenya.

Bahasa ini muncul pertama kali pada tahun 1991, dirancang oleh seorang bernama Guido van Rossum. Sampai saat ini Python masih dikembangkan oleh Python Software Foundation. Bahasa Python sendiri mendukung hampir semua sistem operasi, bahkan untuk sistem operasi Linux, hampir semua distronya sudah menyertakan Python di dalamnya, dan terlebih lagi python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, Game, Program untuk Hacking, dan masih banyak lagi yang belum saya ketahui.

Dengan kode yang simpel dan mudah difahami, kalian akan lebih fokus dan lebih mengutamakan pengembangan aplikasi yang akan kalian buat, bukan malah sibuk mencari kesalahan kode, mencari kode yang sekian banyaknya seperti C++ dan java, sedih kalau ingat itu, nah saya kasih contoh nih perbedaan penulisan kode dari C++, java dan python.

Bahasa Pemrograman Java


class HelloWorldApp
{
  public static void main(String[] args)
	{
	   System.out.println("Halo Udah makan belom?");
	}
}

Bahasa Pemrograman C++


#include 
main() 
{
cout << "Halo Semua Apa Kabar? Udah Nggak Jomblo Kan?";
}
return 0

Bahasa Pemrograman Python


print("Halo Semua, Apakah Anda Sudah Punya Pasangan?")

Bagaimana? terlihat bukan perbedaannya? sanga tjauh sekali dengan python, hanya dengan menuliskan kode print seperti yang diatas, anda sudah bisa mencetak apapun yang anda inginkan di dalam tanda kurung (). Dibagian akhir kode pun, anda tidak harus mengakhirnya dengan tanda semicolon ;

Setelah kalian baca pengenalan tentang python diatas, saatnya kita masuk ke proses instalasi paython dan alat tempur lainnya.

Instalasi Python

Sebelum kalian menggunakan Python, kalian harus menginstalnya terlebih dahulu di sistem operasi komputer kalian. Saat ini Python memiliki 2 versi yang berbeda, yaitu Python versi 3.9.0 dan Python versi 2.7.10. Disini kita akan belajar bahasa pemrograman Python menggunakan versi terbaru 3.9.0.

Cara menginstal python sangat mudah, ikuti panduan dibawah ini. penjelasan dibawah ini adalah panduan cara instal python di platform Linux, Windows dan Mac OS.

Linux

  1. Buka browser, kunjungi https://www.python.org/downloads/source/
  2. Download versi terbaru Python berbentuk file zip untuk Unix/Linux
  3. Ekstrak file zip yang baru saja di download
  4. Edit file Modules/Setup jika Anda ingin kostumisasi Python
  5. Jalankan ./configure script
  6. make
  7. make install

Langkah ini akan menginstal Python di lokasi standar /usr/local/bin dan library di /usr/local/lib/pythonXX dimana XX adalah versi terbaru Python yang anda gunakan.

Untuk beberapa distro (distribution store) dari sistem operasi linux sudah terinstal Python di dalamnya. Jadi Anda tidak perlu menginstalnya lagi.

Windows

  1. Buka browser, kunjungi https://www.python.org/downloads/windows/
  2. ATAU, klik direct link https://www.python.org/ftp/python/3.9.0/python-3.9.0-embed-amd64.zip
  3. Buka (klik 2x) file installer python yang baru saja di download
  4. Lakukan proses instalasi hingga selesai

Mac OS

  1. Buka browser, kunjungi http://www.python.org/download/mac/
  2. Download versi terbaru Python untuk Macintosh
  3. Buka file yang baru saja di download
  4. Lakukan proses instalasi hingga selesai

Sekian penjelasan singkat dari saya, selanjutnya kita masuk ke pembelajaran tentang teks editor yang nantinya akan digunakan untuk melakukan proses pengcodingan python.

1 comment for "Belajar Python 1 : Pengertian dan Cara Install Python"