Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Cara Memasukkan Data kedalam Database Menggunakan Excel

Dunia Programming - Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana sih cara memasukkan data yang ada di Excel kedalam Phpmyadmin secara cepat...?. Database merupakan sebuah tempat penyimpanan yang sangat dibutuhkan oleh programmer, pemilik perusahaan ataupun yang lain, dan pastinya data yang ada dalam database tidak akan mungkin berisi puluhan data, akan tetapi lebih dari 100 data bahkan bisa lebih dari itu.

Cara Memasukkan Database Menggunakan Excel dengan Mudah - Dunia Programming
Cara Memasukkan Database Menggunakan Excel dengan Mudah

Namun, bagaimana jika kalian memiliki data tersebut di dalam microsoft Excel bukan di dalam database..? apakah kalian akan melakukan entry data satu persatu..?.

"Waduh kalau datanya cuman 10 pasti bisa min, tapi kalau ratusan sih, ogah bener"

Nah maka dari itu, Dunia Programming akan memberikan sedikit tips dan trik bagaimana cara agar kalian bisa dipermudah dalam memasukkan data dari Excel kedalam Database MySQL, dan langsung saja, tanpa perlu basa-basi kita mulai tutorialnya.

Cara Memasukkan Data Excel Kedalam Database dalam Sekejap


1). Buka software xamppnya terlebih dahulu, kemudian klik start pada tombol Apache dan MySQL, setelah itu, buka Browser kalian dan ketikkan localhost/phpmyadmin pada alamat URL browser kalian.

2). Setelah itu pilih database yang sudah pernah kalian buat, setelah itu pilih tabel yang ingin kalian masukkan datanya, apabila masih belum buat, silahkan kalian buat tabelnya terlebih dahulu dan usahakan field yang ada pada excel sama dengan field yang ada pada tabel.

3). Setelah itu buka data Microsoft Excel kalian, kemudian ikuti langkah berikut :

klik menu File > Save As, dan kemudian pilih format CSV, setelah itu simpan, dan kita kembali ke browser kita.

4). Klik tabel target kita, kemudian pilih menu Import, setelah itu click Pilih File,, kemudian cari file yang tadi sudah kalian edit extensinya menjadi .csv, setelah itu klik save dan lihat hasilnya.

Hal ini memanglah sepele, tapi jarang orang mengetahui cara seperti ini, jadi tidak ada salahnya kita menambah ilmu walaupun itu sedikit hehehe, sekian penjelasan dari saya, semoga apa yang saya berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Dan buat kalian yang ingin bertanya atau request tutorial silahkan kalian bisa tulis pesan kalian pada bagian kolom komentar dibawah ini, atau bisa tulis pesan melalui Fans Page resmi Dunia Programming, dan secepatnya kami akan menanggapi pertanyaan dari anda.

Post a Comment for "Cara Memasukkan Data kedalam Database Menggunakan Excel"