Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Masuk Jurusan RPL

Dunia Programming - Saya mengucapkan selamat kepada peserta didik baru yang sudah diterima di Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan buat yang masih bingung apa saja yang harus dipersiapkan ketika masuk di jurusan RPL. kali ini saya akan memberikan informasi hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika masuk jurusan RPL.
Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Masuk Jurusan RPL
Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Masuk Jurusan RPL

yap, langsung saja, kita bahas satu persatu

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Masuk Jurusan RPL


1). Diharuskan Memiliki Laptop sendiri


hal yang paling penting ketika masuk jurusan RPL adalah laptop, laptop berperan penting dalam proses kerja kalian, jadi tanpa adanya laptop pekerjaan kalian tidak akan berjalan mulus alias, tidak akan berhasil.

Namun, ada beberapa anak yang memang tidak memiliki laptop dikarenakan biaya dan sebagainya, akan tetapi anak tersebut mau berusaha, bagaimana caranya agar dia bisa hafal dan paham dengan apa yang dijelaskan oleh gurunya.

Tapi, saran saya, ushakan kalian punya laptop, agar kalian bisa mengerjakan tugas dengan lancar dan bisa juga mencoba hal-hal baru dirumah.

2). Software


Setelah laptop sudah kalian penuhi, selanjutnya software apa sajakah yang harus kita install di laptop kita.?

Web Editor


Web Editing adalah sebuah software yang digunakan untuk mengedit, mengubah dan membuat sebuah program website kita nantinya. jadi software yang pertama ini sangatlah penting bagi kalian yang baru masuk di jurusan RPL. berikut daftar software editing yang harus kalian install di laptop kalian.

  1. Notepad++
  2. Sublime Text Versi Terserah (Saran Versi 3)
  3. Atom
  4. Dreamweaver
  5. Brackets

Kalian bisa pilih salah satu diantara software yang sudah saya sebutkan diatas, namun saran saya kalian bisa gunakan Sublime Text dengan versi 3. untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan kalian baca penjelasan dibawah ini :

Baca Juga :

Web Browser


Web Browser adalah sebuah software yang digunakan untuk menampilkan hasil kerja program yang sudah kalian buat atau menampilkan hasil dari website yang sudah kalian buat.

Untuk web browser pastinya kalian tahu semua kan, sebab software yang satu ini memang sering kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam menyelesaikan tugas sekalipun, kalian pasti tidak lepas dari software yang satu ini, untuk software yang satu ini kalian bisa gunakan antara lain :


  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera 
  4. Internet Explorer (Versi Terbaru)


Namun, saran saya, lebih baik gunakan Mozilla Firefox, sebab yang saya tahu, mozilla firefox tidak banyak memakan memori kalian, akan tetapi bila kalian mengalami not responding saat menggunakan Mozilla Firefox, kalian bisa gunakan Google Chrome juga.

Web Server


Untuk Web Server ini kalian bisa lewati terlebih dahulu, atau tidak usah kalian install terlebih dahulu, sebab, di kelas 10, kalian masih belum mempelajari Web Dinamis atau masih belum ada sangkut pautnya dengan database, jadi kalian bisa lewati terlebih dahulu, namun buat kalian yang ingin tau apa sih Web Server itu.? dan bagaimana sih bentuk Web Server itu..?

Baca Juga

Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML atau PHP.


3). Mental dan Semangat


Untuk yang terakhir ini mungkin yang paling penting ya saat masuk jurusan RPL, sebab kalian akan menghadapi berbagai rintangan dan tantangan yang begitu dahsyat, diantaranya :

  • Kalian akan menerima banyak bahasa pemrograman diantaranya PHP, HTML, CSS, Javascript, MySQL, Java, Turbo Pascal, C++, C dan masih banyak lagi. Namun untuk kalian yang baru masuk jurusan RPL, kalian hanya akan belajar bahasa pemrograman diantarany C++, C, HTML, CSS Dasar, Javascript. 
  • Banyak tugas yang akan kalian terima, untuk yang satu ini pastinya di jurusan RPL hukumnya wajib, sebab tidak afdol apabila RPL tidak disuguhi dengan berbagai macam tugas, salah satunya tugas produktif yang aneh-aneh, namun dari situlah otak RPL dilatih mulai dari dasar sehingga otak RPL itu terkenal encer dan pastinya anak RPL dari dulu pintar-pintar setelah menerima banyak tugas.


Tapi dari semua itu kalian tidak perlu takut, memang semua yang awalnya sulit akan berakhir dengan indah, jadi.... jangan khawatir, Peluang kerja RPL sangatlah cerah apabila kalian memang benar-benar serius dalam bidang RPL, jadi tingkatkan semangat belajar kalian ya, agar kalian tidak menyesal dikemudian hari.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan, apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan kalian dapat meninggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah disediakan dibawah artikel ini, semoga bermanfaat, dan tetep semangat belajar ya :D, Salam Kakak Kelas RPL 2 Kelas 12.

Post a Comment for "Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Masuk Jurusan RPL"