Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Web Designer Vs Web Developer

Halo kawan, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan Web Designer dengan Web Developer. oke langsung saja kita mulai.
Web Designer VS Web Developer
Kebanyakan orang selalu berpedapat bahwa Web Designer dan Web Developer  adalah sama. Apakah benar...? kalau kalian ingin tau banget, silahkan simak penjelasan dibawah ini, apakah sama atau tidak.

Web Developer

Untuk yang pertama adalah Web developer, Web Developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis website ataupun yang lainnya dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

Jadi disini Seorang Developer (Pembangun sebuah Website) itu sangat di unggulkan dalam membangun sebuah website.

Seorang web developer yang handal akan terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server ( server-side scripting ) maupun disisi client ( client-side scripting ). Dan jangan lupa dengan aspek database yang akan digunakan.  

Berikut adalah bagian dasar yang harus dipahami oleh seorang Web Developer atau Programmer.

- HTML Versi 1-5
- CSS Dasar
- PHP 
- Javascript
- Ajax JQuery
- MySql
- Oracle
- Maria DB
- ASP
- ASP.net
- Python
- Ruby
- dsb

Aspek tampilan menjadi sisi yang kurang Penting oleh web developer. 
"Mengapa Bisa Begitu...?"
Sebab Web Developer atau Programmer tidak terlalu mementingkan tampilan dari sebuah websitenya, yang terpenting dari dia adalah Websitenya dapat berjalan dengan baik. lalu bagaimana sebuah website memiliki tampilan yang menarik dan keren...?, itu adalah pekerjaan seorang Web Designer, Web Developer biasanya, setelah menyelesaikan sebuah website, ia akan memberikan desain website sepenuhnya kepada seorang Web Designer.

Cara Berpikir seorang Web Developer itu biasanya ia sering menggunakan Otak Kirinya dibandingkan dengan Otak Kanannya, sebab seorang web developer memikirkan tentang pengkodean dan jalannya sebuah website itu menjadi lancar.

Web Designer

Web designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Dia adalah orang yang membuat wajah halaman web tampak begitu “cantik”. Para web design mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content page.

Pemahaman tentang Client-side scripting, HTML, CSS, cara memanipulasi image dan animasi merupakan beberapa hal yang dikuasai oleh web designer.
 
Berikut adalah bagian hal yang harus dipahami oleh seorang web designer:

- HTML
- CSS Versi 1-3
- Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw
- Javascript
- Animasi Flash
 
Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website lebih menarik.

Cara berpikir Web Designer berbeda dengan Web developer, Web Designer sering menggunakan Otak Kanannya dari pada otak kirinya, sebab yang dibutuhkan dari seorang Web Designer adalah Imajinasi dan Kreatifitas yang tinggi,

Sehingga hasil yang dibuat oleh Web Designer menjadi maksimal dan keren.

Bahkan dari cara berpakaian antara Web Designer dan Web Developer pun memiliki keunikan tersendiri, biasanya penampilan dari seorang Web  Designer maupun Web Developer itu mencerminkan kepribadian mereka bahwa mereka adalah seorang Web Designer ataupun Web Developer, Menarik bukan.
Jadi, kalian termasuk dari yang mana..? Web Designer atau Web Developer...?.

Cukup sekian penjelasan dari saya, nantikan Info Menarik lainnya di Dunia Programming, semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email