Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Pengenalan CMS

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Nah, kali ini saya akan membahas apa sih itu CMS, dan apa kegunaan dari CMS pada Website kita. Oke simak baik-baik ya.
Apa itu CMS...? 
Ilustrasi Pembuatan CMS

Pengertian CMS 

CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan  (upload,edit,menambah,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrogaman web.

Contoh CMS:

. Joomla 
. Wordpress
. Drupal
. Aura cms 
. Dll

Sebuah CMS Memiliki dua sisi Aplikasi Yaitu Back End Dan Front End.
Back End
Nah, untu Back End ini sering kita sebut sebagai halaman administrator, sehingga bila seseorang mengaksesnya, pengguna/administrator harus melakukan login terlebih dahulu dengan akun yang dimiliki. Pada bagian inilah nantinya pengelola konten dapat mengedit, menambahkan, menghapus bahkan memposting atau dikenal dengan nama CRUD. dan juda dapat mengelola semua data yang disediakan melalui menu yang ada dihalaman Back End.

Front End
Untuk bagian yang satu ini berbeda dengan Back End, untuk bagian Front End sering kita sebut sebagai halaman pengunjung, sehingga dalam halaman ini terdapat menu-menu yang dapat diakses oleh publik. Semua informasi yang ada pada Halaman Front End ini dapat diakses oleh semua publik tanpa harus melakukan Login.

Apa Saja yang diperlukan untuk membuat CMS.

Software:
- Web Server
- Database Server
- Web Editor
- Web Browser 
- Image Editor

Nah bagaimana...? sudah pahamkan, oke sekian dulu tutorial tentang CMS, nantikan tutorial-tutorial selanjutnya pada Dunia Programming, Sampai Jumpa.

2 comments for "Pengenalan CMS"

  1. gan mau nanya kalaw cms sama html itu sama apa beda ya ? . tolong penjelasan nya ane juga lagi blajar programing nih . butuh bimbingan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah Dijelaskan Pada Pengertian CMS Di atas Gan Bahwa CMS Adalah :
      CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambah,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrogaman web.


      Jadi Kalau CMS itu Lebih Menyeluruh, sedangkan HTML itu hanya bahasa pemrograman saja untuk menyusun sebuah Halaman Website.

      Delete