Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan saat UJIKOM

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan saat UJIKOM - UJIKOM terkadang menjadi sebuah hal ditakuti oleh sebagian siswa, khususna siswa RPL, mengapa bisa begitu...? sebab dalam UJIKOM mereka akan diberikan tugas untuk menylesaikan kerja proyek yang sudah diberikan oleh penguji, contohnya Membuat sebuah web atau Program.
dan lebih parahnya lagi dalam proses pembuatan program atau pembuatan sebuah web mereka tidak boleh membawa apapun, flashdisk, handphone, laptop pribadi. Saat UJIKOM mereka hanya membawa badan saja (Pusing-pusing lo hahaha...).
"Wuidih... ngeri juga ya.. ah jangan nakut-nakuti lah kak.."
ya tenang saja, buat santai aja hehehe, saya akan kasih tips agar beban pikiran kalian tidak terlalu berat nantinya saat UJIKOM.
 
Suasana Saat UJIKOM Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

Nah, dibawah ini akan ada banyak keadaan saat UJIKOM dintaranya :
 
Jika kalian sudah mendapatakan soalnya dari sekolah sebelum UJIKOM dilaksanakan, saran saya kalian rancang terlebih dahulu database, model website atau program, proses jalannya program kalian sebelum UJIKOM dilaksanakan, jadi saat UJIKOM dimulai, kalian tinggal memproses rancangan yang sudah kalian buat.
Perancangan Website
Untuk keadaan yang kedua yaitu, jika kalian disuruh menentukan tema program atau website kalian sendiri, ya silahkan bisa memilih database yang tabelnya sedikit tapi untuk nilainya ya minim juga, tidak terlalu tinggi, akan tetapi jika disuruh memilih 3 pilihan, kalian pilih saja yang sistemnya sederhana. dan bagi kalian yang ingin lebih menantang ya cari saja yang sistemnya ribet, tapi kalau pusing ditanggung sendiri ya resikonya hahaha.
Kumpulan Bahasa Pemrograman

Nah, untuk situasi yang satu ini adalah keadaan yang lebih parah dari yang lain, mereka tidak disuruh memilih program apa atau web apa yang ia pilih, bahkan juga tidak dikasih soalnya, jadi mereka hanya menunggu saat waktu UJIKOM dimulai saja.

"Waduh..parah banget ya, harus hafalin dua-duanya dong"
Kegiatan Programmer
Ya lah enggak, setahu saya hanya disuruh milih web apa program gitu saja, untuk temanya ditentukan saat UJIKOM dimulai, ini nih yang bikin tambah pusing, jadi untuk keadaan yang seperti ini, kita harus extra hati-hati dan wajib mempelajari semua sistemnya, agar kalian tidak mati gaya saat menemukan soal yang sulit. 

Bagaimana...? Pusing nggak dengernya...? hahaha, sama aku juga pusing. tapi inti dari semua itu, sesulit apapun program atau web yang kalian terima nanti saat UJIKOM, saran dari saya, usahakan selesaikan dulu sistemnya jalan atau tidak, soal desain nomer duakan, soalnya percuma kalau desain bagus, sistemnya tidak jalan. Jadi selesaikan dulu sistemnya jalan atau enggak.

Nah, jika hasil kerjaan kalian ingin maksimal, kalian percantik tampilan Website atau Proram kalian agar dapat nilai plus dari sang penilai. dan jangan lupa minta do'a restu dari orang tua, agar prosesnya berjalan lancar.

Oke itu saja saran dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin melaksanakan UJIKOM. Selamat mengerjakan.

2 comments for "Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan saat UJIKOM"

  1. Sya ujikom nanti buat web sama desktop dalam waktu 3 hari , tips nya gmna bang supaya tidak bingung nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dari keadaan tadi gan :)
      Kalau mas disuruh nentuin Tema Websitenya atau Programnya, sebelum UJIKOM dimulai, mas bisa persiapkan rancangan website atau programna mulai dari sekarang, ya tips saya
      1). Bangun alur kerja web atau program mas, seperti DFD atau Flowchartnya, biar nggak salah nantik kalau pas dijalankan (kalau bisa lebih baik dilakukan)
      2). Baru itu databasenya
      3). Desainnya mau dibentuk seperti apa, dan model website atau programnya mau seperti apa.

      Intinya Jalankan Programnya dulu, untuk desain nomer 2, itu saja :)

      Delete

Berlangganan via Email