Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Pengertian Form Dan Tag-Tag Yang Digunakan Dalam Pembuatan Form

Hai Sahabat Blogger, bertemu lagi dengan saya dalam tutorial Pengertian Form Dan Tag-Tag Yang digunakan dalam Pembuatan Form. Oke langsung kita bahas cekidot...!!!
Tutorial HTML

Apa itu Form...?

Form HTML digunakan untuk memilih berbagai macam inputan yang disediakan. Data bisa diinputan dalam bentuk textarea, input teks , pilihan radio button, check box dan lain sebagainya. Bentuk inputan tersebut dikemas elemen dalam tag-tag form. Pada kegiatan belajar ini akan mempelajari inputan text. 

1). Komponen text area multiline 
Komponen text area merupakan area tempat untuk menyimpan text atau tulisan baru, atau bisa dikatakan sebuah komponen HTML yang digunakan untuk menampilkan text dalam bentuk dan format text. Untuk menampung input teks yang panjang dan mungkin tersusun atas lebih dari 1 baris, maka digunakan komponen input ‘textarea’. TEXTAREA dapat digabungkan dengan tag FORM untuk menjadi inputan yang akan diolah oleh file pemroses sebagaimana seperti yang telah dijelaskan pada tag FORM tersebut. 
Format umum penulisan text area multiline 

<textarea atribute="atribute">

Terdapat beberapa atribut dari text area, diantaranya row,col dan lain sebagainya. Pada HTML 5 menyediakan banyak 6 atribut baru textarea.

Name
atribut ini digunakan untuk memberikan nama dari TEXTAREA. atribut ini akan sangat berguna Jika tag TEXTAREA digabungkan dengan tag Form.

Contoh Penulisan Script :

Script HTML
<!doctype html>
<html>
<head>
<title>Dunia Programming</title>
</head>
<body>
<p> Silahkan diisi pada teks area yang tersedia</p>
<p><textarea NAME=”papantulis” COLS=40 ROWS=6> </textarea></p>
</body>
</html>

Bila Script diatas dijalankan, maka akan menghasilkan Tampilan seperti dibawah ini.
Contoh Gambar

Oke, Sekian dulu Tutorial Kali Ini, mungkin dilain waktu, saya akan melanjutkan tutorial pada artikel ini. Ikuti terus dan jangan lupa, jika kalian tidak mau ketinggalan, Like FB Group di kanan Halaman Web Ini,

Semoga penjelasan yang sudah saya berikan diatas bermanfaat bagi kalian, Sekian Terimakasih.

Post a Comment for "Pengertian Form Dan Tag-Tag Yang Digunakan Dalam Pembuatan Form"