Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Cara Mengganti Background Pada Program Java Netbeans

Dunia Programming - Oke Sahabat Blogger, Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan atau mengganti background pada program kalian di Java Neatbeans. Mungkin dari kalian pasti banyak yang mencari cara menganti backrgound pada program Java Dekstop menggunakan Aplikasi Netbeans IDE.

Pada tutorial sebelumnya saya sudah share bagaimana cara manambahkan icon pada button program kalian, dan sekarang saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengganti background dengan warna atapun dengan gambar.

Mengganti Background Pada Program Java Netbeans
Java Netbeans

Sebenarnya cara ini terbilang mudah, akan tetapi bagi para pemula ini merupakan hal baru dan wajib di miliki oleh mereka, dan langsung saja kita mulai tutorialnya.

Cara Mengganti Background Pada Program Java Netbeans

Untuk cara mengganti backround ini saya bagi menjadi 2 cara, yang pertama mengganti dengan warna dan yang kedua dengan gambar, untuk yang pertama kita bahas bagaimana cara mengganti background dengan warna

Cara Mengganti Background dengan Warna

Untuk cara pertama yang akan kita lakukan adalah mengganti background dengan warna. Sebelum kita mulai mengganti background dengan warna, wajib kalian mempersiapkan beberapa bahan berikut.

Bahan : 
  • Siapkan Program Atau Frame Yang sudah kalian buat, jika belum paham pelajari lebih lanjut cara dasar membuat program Java Neatbeans Disini
  • 1 Panel 

1). Click Panel pada Group Swing Containers pada Menu Pallet. Letaknya disebelah kanan kalian.
 
Langkah Pertama

2). Setelah Ketemu, Click Gambar Panel, kemudian drag ke bagian Tempat Program yang akan kalian buat.

Langkah Kedua

3). Setelah itu, click gambar panel tersebut, kemudian pilih Background dengan cara Click Bagian Menu Backgroud, setelah itu akan muncul pilihan warnanya. Pilih sesuai selera kalian, setelah itu Click OK.
 
Langkah Ketiga

4). Dan Isikan Label, Text field atau yang lain sesuai dengan Rencana Program yang ingin kalian Rancang.
 
Langkah Keempat

5). Setelah selesai, hasilnya akan nampak pada gambar dibawah ini dan desain program dengan Background berwarna telah selesai.
 
Langkah Kelima

Lalu bagaimana jika kita ingin mengganti background dengan gambar? apakah bisa? jawabannya bisa, dan langsung saja kita masuk ke tutorial bagaimana cara mengganti background program java dekstop dengan gambar.

Cara Mengganti Background dengan Gambar

Langkah kedua ini menurut saya paling bagus dan wajib kalian terapkan ketika membuat sebuah program, langsung saja siapkan bahan yang sudah saya jelaskan di step pertama dan lakukan cara berikut :

Sekian Tutorial dari saya, apabila kalian masih bingung atau masih belum faham, saya tunggu komentar dari kalian ya. Malu Bertanya sesat dijalan hehehe...

Nah, bagaimana kalau background programnya kita kasih gambar..?, oke lanjut ke tutorial berikutnya disini. Tetap semangat belajar kawan, semoga apayang saya jelaskan diatas tadi bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

1 comment for "Cara Mengganti Background Pada Program Java Netbeans"

  1. bang, itu step-stepnya cara ganti background gak nampil alias kepotong

    ReplyDelete