Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Pengertian Netbeans

Halo sahabat setia Dunia Programming, Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Netbeans, Oke simak baik-baik ya, karena ini merupakan salah satu software dalam Pemrograman Berorientasi Obyek.
Logo Netbeans
"Apa lagi tuh Min...?, baru denger aku, maklum baru masuk jurusan RPL hehehe.."
Ya tidak papa, Nanti saya kasih tau apa itu Pemrograman Berorientasi Obyek,  Software ini merupakan pelajaran kalian nanti di jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dalam pelajaran XML yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi. jadi ini nih yang perlu kita perhatikan dan tidak boleh kita remehkan, sekali kita gagal fokus pada saat proses belajar mengajar, maka hilang sudah harapan kalian hehehe...

Sebelum saya menjelaskan apa itu Pemrograman Berorientasi Obyek, saya akan menjelaskan dulu apa itu Netbeans. Apa itu Swing dan Fitur-fitur yang terdapat dalam netbeans

Apa itu Netbeans...?

Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. 

Apa Itu Swing...?

Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger. Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby. 

NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi. 

Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain : 
Smart Code Completion : untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method. 
Bookmarking : fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi. 
Go to commands : fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama. Code generator : jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya. 
Error stripe : fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah. 
"Oke Min, Terimakasih, Sangat bermanfaat sekali"
Oke sama-sama biasalah, namanya juga sharing Ilmu pengetahuan, jadi wajar lha, ilmu saya juga sedikit gak begitu tahu-tahu banyak tentang dunia website, jadi saya juga perlu banyak belajar juga dari yang lain hehehe...
Sekian tutorial yang saya buat, semoga bermanfaat bagi kalian. Tetap semangat belajar. Terimakasih

Post a Comment for "Pengertian Netbeans"

Berlangganan via Email