Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Jenis dan Desain Web

Dunia Programming - Bertemu lagi dengan saya Muhammad Tajuddin, kali ini saya aka mambahas Macam-macam Jenis dan Desain Web, sekarang saya akan memberikan  sedikit Info bagi kalian yang ingin mendesain sebuah halaman web dengan jenis dan gaya desain yang bisa menjadi inspirasi desain buat kalian.
Desain Flat

Dalam dunia desain pastilah terdapat jenis dan gaya yang membedakan atau menjadi pembeda antara satu dengan yang lain. Begitu pula dalam dunia desain web,tentu jenis dan gaya juga bermacam macam serta memiliki khas masing-masing.

Dalam desain web terdapat pula tren desain,yaitu jenis dan gaya yang sedang banyak dipakai dan banyak digemari oleh pemilik serta para desainer web itu sendiri bahkan juga tenar digunakan oleh para blogger maupun para publisher. 

Misalnya pada tahun 2014 lalu,gaya flat design menjadi favorit dan menjadi populer dikalangan desainer web.gaya ini diperkirakan akan terus menjadi pilihan favorit sampai sekarang.

Rata-rata memang saat ini banyak template-template blog yang menyediakan desain flat seperti karya Alina Design, Gooyabi dan lain sebagainya.

itu rata-rata sudah menggunakan gaya desain flat, untuk keunggulannya sendiri adalah, lebih simple, proporsional dan elegan.

Selain flat design yang nanti juga akan kita bahas,macam macam jenis dan gaya desain web apa sajakah yang ada,sebenarnya banyak sekali macam jenis dan gaya desain web, tetapi saya akan memberikan kalian jenis dan gaya desain web yang populer dan banyak digemari hingga tahun 2016 ini, lalu apa sajakah jenis dan gaya tersebut...? berikut macam-macamnya
"Ealah, jadi Desain web itu banyak macamnya ya Min, saya kok baru tau ya...?"
nah, sekarang kalian jadi tau kan...? oke langsung saja kita mulai.

Flat Desain


Flat desain adalah desain yang mengusung bentuk simpel dengan membuang segala bentuk effect gradasi, bayangan, glossy dan lain-lain. Sehingga yang tampil adalah bentuk flat simple dan perpaduan warna yang menurut saya terkesan lebih manis dan enak jika dilihat, gak terlalu mencolok. 

Beberapa desainer dulu menganggap flat desain ini membawa kemunduran pada dunia desain, karena seperti kembali kejaman dulu, padahal jaman sekarang banyak software desain yang dapat membuat desain bahkan seperti aslinya. Tetapi pada kenyataannya begitu pula pada dunia web desain gaya seperti ini menjadi paling populer dan tenar sampai sekarang.

Contoh Gambar :
Flat Design
Flat Design

Better Typography


Better Typography merupakan jenis dan gaya desain web yang banyak menggunakan tulisan didalamnya. tulisan yang ada bukanlah sembarang tulisan, karena tulisan yang digunakan dibuat dan dibentuk sedemikian rupa sehingga, menjadi bagus dan dapat menjadi daya tarik utama yang membedakan dari gaya desain web lainnya. Tuisan yang dipilih atau jenis font yang dipilihpun merupakan kata atau kalimat yang tak sembarangan, Tulisan yang dipilih biasanya menunjukkan identitas halaman sebuah web, informasi atau kata-kata untuk meyakinkan pembaca mengenai web tersebut. 
"Ouh Jadi gitu ya Min, Kirain Teks yang biasanya dipajang di header itu hanya sekedar teks saja... hehehe"
Ya, tidak lha, dalam sebuah web atau blog itu pasti mereka memasang kata-kata itu ada maksut dan tujuan tertentu, jadi mereka membuat Judul atau Tulisan pada tampilan awalnya itu tidak sembarangan.

Berikut Contoh Gambarnya :
Better Typography

Hand Drawn Illustrations


Jenis Desain Web selanjutnya adalah Hand Drawn Illustrations, gaya desain web ini yaitu menggunakan gambar atau illustrasi yang wujudnya seperti buatan tangan alami yang tidak berwarna maupun berwarna seperti Crayon ataupun pensil warna. 

Walaupun gambar atau Illustrasi tersebut dibuat dengan sebuah Software atau Aplikas, namun dengan mengambil bentuk seperti buatan tangan hasilnya menjadi natural, unik dan menurut saya, jarang ditemui atau langka.

Contoh Gambar : 
Hand Drawn Illustrations
Hand Drawn Illustrations
"Iya Min, saya Jarang menemukan web desain semacam ini" 

Iya, memang untuk desain yang satu ini sangat jarang kita temui di indonesia, yang banyak menggunakan desain ini hanyalah website-website tertentu saja.

Parallax Effect


Jenis dan gaya web ini juga sering kita Jumpai di beberapa website luar negri. Kalau di Indonesia saya cari masih tidak ada. Soalnya menurut saya dalam Desain Web seperti ini memerlukan banyak gambar, atau pengaplikasiannya banyak menggunakan gambar, sehingga bila pengunjung datang kesebuah website dan desain websitenya Parallax, maka tidak diragukan lagi anda akan menerima resikonya Yaitu menunggu lama hahaha. 
"Seberapa Lama Sih Min...?"
Kira-kira menurut saya sih 8 menit.an lha, itu lama lho buat nunggu, soalnya pengunjung tidak mau menunggu hanya untuk tampilan sebuah loading saja, jadi untuk desain ini kalian hindari ya, Tapi jika untuk pengetahuan bisa kalian pelajari kok.

Jika ingin pelajari seluk beluk cara pembuatan desain parallax, kalian harus belajar Bhs Pemrograman yang namanya JQuery, apa itu JQuery...?

Baca : Pengenalan JQuery

Berikut Contoh Gambarnya : 
Parallax effect

Minimize


Desain Web Terakhir yang akan saya jelaskan adalah gaya Minimize, desain ini merupakan desain atau gaya yang memadukan desain flat dan desan typography akan tetapi dibuat menjadi jauh lebih simpel dan sederhana. tetapi jangan salah walau sangat sederhana tetapi jenis dan gaya ini tetap menjadi pilihan banyak desainer dan Pemilik web. dalam desain ini kita membuat desain web yang sesimpel dan sesederhana mungkin akan tetapi masih terlihat menwab dan tak terkesan ribet

Contoh Gambarnya :
Desain Minimize

itulah beberapa tampilan desain web yang baik dan sedang banyak digunakan oleh desainer-desainer web dan juga para blogger di indonesia, apakah kalian sudah terinspirasi dengan Desain-desain web diatas...? Oke silahkan mencoba hehehe,

Sekian tutorial dari saya, tetap semangat belajar, dan terimakasih.

Post a Comment for "Macam-macam Jenis dan Desain Web"

Berlangganan via Email