Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bantu Support Dunia Programming dengan menonaktifkan Adsblock, atau gunakan browser tanpa block iklan, dan jangan lupa klik iklan yang ada disitus ini ya, agar website terus berkembang

Cara Membuat Menu Pada Blog

Oke pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara Mengaktifkan Menu Navigasi atas pada blog, manfaatnya apa sih menu pada blog itu..?

Menu pada intinya berfungsi untuk mengelompokkan dari kategori satu ke kategori yang lain, sehingga para pembaca mudah untuk mencari dan mendapatkan informasi sesuai dengan kategori yang sudah tersedia pada blog atau website

Menu Navigasi Pada Blog

Bagaimana cara membuatnya...?, untuk cara membuatnya ada 2 cara, oke langsung saja kita mulai.

Cara Membuat Menu Pada Blog 


1). Buat Entri Pada Blog Kalian
Isi Entri atau judul artikel yang mau kalian posting, misalkan kalian akan membahas tentang "Naruto Shippuden 10"
"Eh Min, Mana ada film Naruto Shippuden 10"
Terserah saya, mau Naruto Shippuden 50, yang penting saya hepi hahahaha, becanda. 

Kalau bisa, usahakan judul dengan isi dari artikel kalian tadi harus sesuai, sebab tujuan kita membuat sebuah artikel atau berita adalah untuk memberikan informasi kepada para pembaca.

2. Lanjut ke Step 2 yaitu Membuat sebuah label
Sebelum kita mengaktifkan Menu Atas pada blog kita atau navigasi, Kita buat label terlebih dahulu, letak label berada di bagian kanan atas editing Entri pada blog.

Contoh Gambar :
Langkah Kedua

kalian boleh membuat 2 label dalam 1 Content atau postingan, Tapi tergantung dari tema yang kalian buat, Maka sesuaikan label dengan tema yang akan kalian posting pada blog kalian,

3. Copy Link Location Pada Label
Langkah selanjutnya yaitu mengcopy link label kalian, dengan cara click kanan, arahkan cursor pada label yang dituju, Misal label Tutorial.

lalu letakkan link label tadi kedalam link tadi yang sudah kalian buat.

4. Menempatkan Link Label Pada Menu Navigasi Atas
nah, untuk langkah yang keempat ini nantinya kalian akan menemukan hal yang berbeda dalam masing-masing template blog, maka bila template blog kalian sudah menyediakan widget untuk menu, maka kalian tinggal memasukkan nama yang ingin kalian munculkan, kemudian copy link menu kedalam menu yang ingin kalian buat.

akan tetepi, bila template blog kalian tidak menyediakan widget menu, maka kalian harus mengedit scriptnya.

Cara Pertama yaitu Dengan mengubah atau Mengedit script HTML pada bagian template di blog kalian, cari script yang menunjukkan bahwa itu merupakan script dari Menu Navigasi blog kalian, biasanya ditandai dengan <!--Menu Navigasi--> atau sejenisnya. 

setelah itu paste kan Link Label pada bagian script <a href="https://............/Tutorial.html">Tutorial</a>, lalu simpan, kemudian refresh tampilan blog kalian, dan coba kalian klik.

Cara Kedua yaitu dengan cara mengubah atau mengedit Widget Pada bagian Tata Letak, kemudian cari Widget yang menampilkan 
Menu Navigasi Pada Blog Kalian, click Edit. 

Kemudian Tambahkan Menu yang ingin kalian buat, Misal tutorial, dan jangan Lupa isikan Kolom Link dengan Link Label yang telah kalian Copy tadi setelah itu klik finish
lalu simpan, kemudian refresh tampilan blog kalian, dan coba kalian klik, apakah sudah benar atau belum.

Itulah Cara-cara yang dapat saya jelaskan, jika terdapat kesalahan ada gagal dalam melakukan cara-cara yang sudah kalian lakukan seperti pada Tutorial di atas, kalian bisa tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah ini.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat, terimkasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Menu Pada Blog"